NEWS

Discovering Ikigai: A Gateway To Mental Well-Being For Gen Z

By Student BINUS • February 1, 2024

Discovering Ikigai: A GATEWAY TO MENTAL WELL-BEING FOR GEN Z” merupakan sebuah event kolaborasi yang diadakan oleh  para penerima beasiswa di BINUS square (aktivis BINUS Square). Acara ini dilaksanakan pada tanggal 27 Januari 2024 di Oak Room BINUS Square dengan tujuan agar para boarder yang merupakan generasi Z mendapat panduan dalam menemukan tujuan hidup, mengelola stres akademis, dan membangun keseimbangan mental yang lebih baik di tengah tantangan zaman yang terus berubah melalui filosofi Ikigai. Acara ini diadakan tepat setelah UAS semester ganjil berakhir agar para boarder yang penat dengan Ujian Akhir Semester dapat menjernihkan pikirannya dan dapat mulai mengeksplorasi Ikigai mereka masing-masing selama masa liburan. Terlepas dari fokusnya terhadap mental health para boarder, event ini juga bertujuan mempererat hubungan antar boarder dan menjadi sarana untuk berkenalan satu dengan yang lainnya. Pada acara “Discovering Ikigai: A GATEWAY TO MENTAL WELL-BEING FOR GEN Z” ada 4 sesi utama yaitu Sesi Talkshow dengan Kak Cito, Reflection Session, tanya jawab, dan Sharing Session.

Sesi pertama pada acara ini yaitu Sesi Talkshow dengan Kak Cito. Pada sesi ini Moderator menanyakan secara langsung pertanyaan terkait Ikigai kepada Kak Cito sebagai pembicara. Dengan metode talkshow seperti ini materi yang disampaikan menjadi lebih mudah diterima peserta dan suasana pun lebih santai dan nyaman meskipun membahas materi yang cukup serius. Selain itu Kak Cito juga menampilkan materi melalui tayangan power point sesuai dengan pertanyaan yang ditanyakan moderator. Sesi ini berjalan selama kurang lebih 50 menit.

Setelah sesi  talkshow antara Moderator dengan Kak Cito, para peserta memasuki sesi kedua yaitu Reflection Session dimana para peserta diberikan kertas template Ikigai yang mereka dapat isi dengan ”What I love”, ”What I’m good at”, “What the world needs”, dan “What I can be paid for”. Setelah mengisi ini, para peserta diharapkan dapat mulai mencari dan menemukan Ikigai mereka masing-masing. Pada sesi ini peserta juga dapat bertanya langsung  dan diskusi dengan pembicara yaitu Kak Cito. Pada sesi refleksi dan tanya jawab ini peserta juga dipersilakan untuk sambil menyantap snack yang sudah disediakan.

Setelah para peserta selesai mengisi template Ikigai, acara dilanjutkan ke sesi Sharing Session dimana peserta dipersilakan untuk membagikan mengenai Ikigai yang telah mereka tuliskan pada template Ikigai di sesi Reflection Session. Meskipun awalnya malu-malu, pada akhirnya terdapat 2 orang yang membagikan hasil Ikigai mereka dan 1 orang memberikan testimoni akan acara ini. Peserta kemudian diminta mengisi kuesioenr evaluasi agar panitia mendapat masukan atas event ini dan sebagai perbaikan ke depannya.

Selama acara berlangsung peserta terlihat menikmati acara dengan banyak tertawa, aktif bertanya kepada pembicara, dan juga berkenalan dengan peserta lainnya. Diharapkan dengan mengikuti kegiatan ini para peserta mendapatkan insight untuk terus mengeksplorasi diri mencari Ikigai masing-masing.