NEWS

MENTAL HEALTH SEMINAR TFISC ALSUT 2023

By TFI Student Committee (TFISC) • October 23, 2023

“Self Discovery & Self Reward: Stop Comparing Yourself to Others’ Achievements”

Teach For Indonesia Student Community (TFISC) telah melaksanakan acara Seminar Mental Health yang bertempat di Auditorium Universitas Bina Nusantara Alam Sutera yang diselenggarakan secara Hybrid. Kegiatan Mental Health Seminar ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada Binusian dan masyarakat umum terhadap isu kesehatan mental serta pentingnya mengenal dan menghargai diri sendiri terutama bagi generasi Gen Z dan Milenial. Selain itu, juga meningkatkan kesadaran terkait dampak negatif dari penerapan hustle culture dalam kehidupan sehari-hari. 

Acara Mental Health Seminar 2023 ini berjudul Self Discovery & Self Reward: Stop Comparing Yourself to Other’s Achievements dengan tema Know Yourself and Appreciate Yourself to Achieve Mental Health and Be More Productive” dimana acara ini mengangangkat isu kesehatan mental yang muncul sehubungan dengan semakin maraknya budaya hustle culture. Hustle culture merupakan kebudayaan gila kerja yang berbahaya, dimana seseorang bekerja terlalu berlebihan hingga mendorong dirinya untuk melampaui batas kemampuannya. Budaya ini menjadi suatu tren bagi Gen Z dan Milenial yang menyebabkan munculnya perasaan tertekan, cemas, atau tidak bahagia karena terlalu sering membandingkan diri mereka dengan pencapaian orang lain yang tampak lebih sukses, termasuk ketika berada di fase perkuliahan. Hal tersebut menjadikan sebagian besar mahasiswa akhirnya menjadi overthinking terhadap self-worth mereka. 

Melalui self discovery, seseorang dapat menemukan jati dirinya, serta mengenali kelebihan, kelemahan, minat, keunikan, dan value mereka sehingga dapat mengenal dirinya dengan lebih baik dan secara utuh. Hal ini dapat membantu mereka dalam mengembangkan diri sesuai kapasitas dan menjadi lebih produktif dibandingkan menghabiskan waktu untuk overthinking dan insecure. Di samping itu, kita juga harus memberikan penghargaan kepada diri kita sendiri (self reward) untuk menghargai usaha dan pencapaian yang telah kita lakukan tanpa harus merasa bersalah atau rendah diri.  Self discovery dan self reward merupakan dua hal penting dalam meningkatkan kesehatan mental dan produktivitas Gen Z dan Milenial, termasuk mahasiswa. 

Acara dimulai pada jam 13:20. Lalu, pembukaan lokasi bertempat di lantai 5 yaitu ruang Auditorium Bina Nusantara Alam Sutera. Selanjutnya, dilakukan pembukaan acara Mental Health Seminar oleh MC. Kemudian, MC memandu peserta dalam sesi ice breaking. Setelah itu, MC menyampaikan judul, tema, dan topik acara serta memperkenalkan pembicara. Lalu, pembicara Adriana Amalia Hervany, M.Psi., Psikolog menyampaikan pemaparan materi. Pemaparan materi berisi gambaran umum mengenai hustle culture dan dampaknya terhadap kesehatan mental, pentingnya self discovery dan self reward bagi kesehatan mental beserta cara penerapan dan faktor penghambatnya, dan juga cara mengatasi perasaan cemas, overthinking, atau rendah diri ketika kita membandingkan diri dengan pencapaian orang lain. Dilanjutkan sesi Q&A berupa padlet yang dapat diisi oleh peserta. 

Setelah itu, dilakukan pemberian sertifikat dan plakat kepada pembicara Adriani Amalia Hervany, M.Psi., Psikolog sebagai bentuk apresiasi atas kehadiran dan kesediaan sebagai pembicara di seminar. Kemudian, sesi dokumentasi dengan pembicara dan panitia. 

Kemudian dilakukan mobilisasi ke ruangan yang berada di bawah auditorium untuk melakukan aktivitas kegiatan bagi para peserta. Aktivitas yang dilakukan adalah membuat journaling prompt yang bertujuan agar peserta bisa lebih mengenal diri mereka sendiri.

Lalu, peserta melakukan sharing session from activities dimana mereka menjelaskan cerita dan makna dari hasil journaling prompt mereka secara volunteer. Setelah itu, dilakukan sesi words of inspiring exchange dan diakhiri dengan sesi dokumetasi, baik untuk yang hadir secara online maupun dengan para peserta yang hadir secara onsite.

Terakhir, penutupan acara Mental Health Seminar 2023 dan pengosongan lokasi Auditorium Bina Nusantara Alam Sutera. Besar harapan kami melalui acara ini bisa membantu Binusian dan masyarakat umum untuk semakin mengenal diri mereka sehingga dapat membantu untuk mengembangkan dirinya sesuai kapasitas, menjadi lebih produktif, menghargai dan sayang terhadap diri sendiri serta dapat mengembangkan sikap positif dalam menghadapi kehidupan. Terima Kasih, sampai jumpa pada acara Mental Health Seminar selanjutnya.