NEWS

TFISCARE 2023

By TFI Student Committee (TFISC) • September 19, 2023

“Threads of Joy: One Heart for Infinite Love”


TFI Student Community BINUS Alam Sutera telah menyelenggarakan TFISCare yang bertemakan Threads of Joy: One Heart for Infinite Love. Tema ini diangkat dengan harapan yaitu segala bentuk dan jumlah bantuan yang diberikan untuk anak-anak di panti asuhan, dapat memberikan kasih sayang dan kebahagiaan yang tak terbatas untuk mereka. Acara ini mengusung konsep donasi yang dapat diikuti oleh seluruh BINUSIAN dengan tujuan menyalurkan bantuan untuk anak-anak di panti asuhan. Acara ini juga memiliki tujuan mengedukasi melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan bersama dengan anak-anak di panti asuhan. Bantuan donasi yang dapat disalurkan yaitu dapat berupa uang dan barang. Barang tersebut meliputi alat tulis, pakaian, dan bahan kebutuhan pokok yang dapat dikumpulkan di stand TFISCare yang dibuka selama delapan hari di Lobby BINUS Alam Sutera. Beberapa barang bantuan dan uang yang dikumpulkan dari hasil penggalangan donasi tersebut akan disalurkan kepada Panti Asuhan Bahrul Ulum, yang merupakan salah satu panti asuhan di Kota Tangerang.

TFISCare telah dilaksanakan pada hari Minggu, 17 September 2023 di Panti Asuhan Bahrul Ulum. Pada hari itu, telah dilaksanakan beberapa kegiatan edukasi bersama anak-anak di Panti Asuhan tersebut. Pada pukul 11.00, seluruh panitia berkumpul di BINUS Alam Sutera untuk melaksanakan briefing dan berangkat menuju Panti Asuhan Bahrul Ulum pada pukul 12.25 Setelah sampai, panitia segera melakukan persiapan dan menyapa anak-anak serta pengurus yang berada di Panti Asuhan tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan yang dipandu oleh MC, serta dengan doa yang dipimpin oleh Anisa. Selanjutnya, dilakukan games perkenalan untuk membantu mengenalkan anak-anak dengan para panitia. Anak-anak dan panitia antusias melakukan games perkenalan tersebut.

Karena panitia sudah melakukan perkenalan dengan anak-anak dari panti asuhan, anak-anak melakukan kegiatan membuat celengan serta melukisnya. Anak-anak melukis di kertas terlebih dahulu, kemudian menempelkan kertasnya pada botol bekas. Bagian atas botol ditempel dengan kardus berbentuk lingkaran yang disertai lubang untuk memasukan uang. Anak-anak sangat kreatif dalam melukis. Setelah selesai, anak-anak membuat sandwich yang terdiri dari dua lembar roti lapis, tiga buah timun, satu lembar daging, satu lembar keju, dan saos tomat. Setelah membuatnya, anak-anak memakan sandwich yang sudah sangat ditunggu-tunggu. Acara dilanjutkan dengan game tebak gaya. Dua kelompok tercepat yang menjawab pada dua ronde kemudian berkompetisi pada game pesan berantai yang dilakukan dengan cara berbisik. Hasilnya, kelompok 8 menjadi juara 1 dan kelompok 4 menjadi juara 2 dari 10 kelompok yang ada. Anak-anak terlihat antusias dalam bermain games.

Setelah games, panitia mengarahkan anak-anak untuk menuliskan harapan di atas sebuah sticky notes. Mereka diberikan pulpen dan waktu untuk memikirkan harapan apa yang ingin mereka sampaikan. Setelah mereka menuliskan harapannya, dilanjutkan dengan  menempelkan sticky notes tersebut di atas karton yang bergambarkan pohon harapan. Tertulis berbagai harapan dan cita-cita mereka di masa yang akan datang. Berbagai harapan dapat terlihat menempel dengan warna yang bervariasi. 

Sesi selanjutnya adalah memberikan hadiah kepada pemenang lomba tebak gaya dan pesan berantai yang dimenangkan oleh kelompok 8 dan kelompok 4. Anggota kelompok terlihat antusias dan bahagia setelah mendapatkan hadiah, dilanjutkan dengan foto bersama kelompok pemenang. Tidak lupa panitia turut membagikan snack kepada seluruh peserta yang telah hadir. Sebagai bentuk terima kasih dan apresiasi kepada Panti Asuhan Bahrul Ulum, dilakukan sesi penyerahan donasi yang diwakili oleh Project Manager TFISCare dan penyerahan plakat oleh Ketua Umum TFISC. Bentuk kenangan lain sebelum menutup acara TFISCare dengan kegembiraan, para panitia dan anak-anak melakukan dokumentasi bersama. Acara ini ditutup dengan doa bersama dan ucapan terima kasih kepada pihak Panti Asuhan Bahrul Ulum.

Selesai semua rangkaian acara TFISCare 2023, panitia berkumpul dan berkemas untuk segera kembali ke Binus Alam Sutera. Melalui kegiatan TFISCare ini kami dapat menambah banyak pengalaman dan tentunya kesan yang sangat menyenangkan. Banyak nilai yang dapat dijadikan sebagai pelajaran, salah satunya nilai kebersamaan yang tercipta antara panitia dan adik-adik di Panti Asuhan Bahrul Ulum.