ARTICLE

Basic Audio & Video Editing Class 2022

By Paduan Suara Mahasiswa Bina Nusantara (PARAMABIRA) • April 12, 2022

Walaupun pandemi Covid-19 belum usai, semangat PARAMABIRA dalam melaksanakan berbagai program kerja masih terus berlanjut. Pada 30 – 31 Maret 2022, salah satu program kerja yang mulai diadakan sejak semua kegiatan harus menjadi online seperti penampilan paduan suara adalah Basic Audio & Editing Class. Program ini dilaksanakan melalui aplikasi Microsoft Teams.

Kelas ini mengajarkan para peserta, khususnya section leader dan pengurus divisi creative dimana nantinya jika ada project virtual choir, mereka lah yang akan melakukan editing terhadap audio dan video yang dikumpulkan oleh singers.

Hari pertama program Basic Audio & Editing Class, yaitu Rabu, 30 Maret 2022, para peserta mengikuti kelas basic audio editing yang dibawakan oleh Angelina Giorgina Selma Lalopua, Mochamad Azka Nur Fathoni, Michael Adi Nugraha, Maria Fredella Tannia, dan Charista Edyth Jelita yang merupakan anggota aktif PARAMABIRA dan berperan sebagai audio editor pada project The Seasons 2021. Peserta diperkenalkan kepada aplikasi Adobe Audition sebagai salah satu tool utama dalam melakukan audio editing. Selain itu, peserta juga diajari cara menggunakannya dan diakhiri dengan sesi QnA. Para section leader pun diberi tugas untuk melakukan editing sederhana sebagai bentuk pelatihan mereka.

Lalu di hari terakhir, yaitu Kamis, 31 Maret 2022, para peserta mengikuti kelas video editing yang dibawakan oleh Jason Nathanael Go, mahasiswa jurusan Film. Peserta diperkenalkan kepada aplikasi Adobe Premiere Pro yang merupakan tool utama dalam melakukan video editing. Sama seperti hari pertama, peserta juga diajarkan cara menggunakan aplikasi ini dengan baik dan diadakan sesi QnA.