NEWS

CREATIVE FREELANCER Powered by CROWDBEES

By Klub Seni Fotografi Bina Nusantara (KLIFONARA) • May 12, 2023

CREATIVE FREELANCER Day 1, telah berlangsung di BINUS University, Kampus Alam Sutera. Event ini berlangsung dengan adanya 3 sesi, yaitu sesi pagi, siang dan sore. Mengajak seluruh BINUSIAN dari seluruh regional kampus BINUS @Kemanggisan @Alam Sutera @Senayan @Bekasi @Bandung @Semarang dan @Malang untuk hadir ke dalam Seminar & Talkshow via Zoom (online) dan onsite di Auditorium, BINUS @Alam Sutera.

Pada sesi pagi, yakni pada Pkl. 09.00 – 12.00 acara dibuka dengan topik Branding yang dibawakan oleh Dr. Arsa Widitiarsa Utoyo, M.Sn. (Lecturer of New Media, School of Design, BINUS University), Eveline Irene Anton, S.Sn. (UX Product Designer of GOJEK Indonesia) dan Devina Adyasa, S.Sn. (UI Product Designer of TOKOPEDIA). Materi disampaikan secara presentasi dari masing-masing pembicara, membahas UI dan UX Process, Design Concept, Prototype, Test, Literate, Design Goals Empathize, Visual Moodboard References, dsb.

Pada sesi siang, yakni pada Pkl. 13.00 – 15.00 acara dilanjutkan dengan topik Illustration & Art yang dibawakan oleh Mohammad Taufiq aka EMTE. (Illustrator and Artist) dan Andreas, S.Sn., M.Ds. (Lecturer of Visual Communication Design, Digital Illustration Class, School of Design, BINUS University). Pada sesi ini, membahas mengenai perjalanan seorang illustrator dari awal berkarya hingga menjalankan kegiatan freelancer, poin dan etika bisnis bersama client saat mendapatkan proyek secara freelancer, dan teknik yang digunakan dalam merancang suatu karya baik untuk komersil maupun untuk koleksi pribadi (exhibition) hingga mempromosikan portfolio di dalam negeri hingga ke luar negeri melalui platform media sosial yang ada saat ini.

Pada sesi sore, yakni pada Pkl. 15.00 – 17.00 acara berlanjut dengan topik Film yang dibawakan oleh Ekky Imanjaya, S.S., M.Hum., M.A., Ph.D. (Lecturer of Film, School of Design, BINUS University) dan Gatot Subroto, S.Kom., M.Sn. (Director and Founder of Rumah Penulisan) memberikan materi presentasi mengenai bagaimana cara menulis Script Writer untuk film, proses penulisan naskah yang efektif, dan memperlihatkan beberapa karya yang memiliki poin-poin pembahasan presentasi dari film yang dikerjakan.

Pada penghujung acara di setiap sesinya, BINUS Digital dan Corporate Marketing Communication (CMC) merelease CROWDBEES secara resmi diperkenalkan kepada mahasiswa melalui materi yang disampaikan oleh Kak Tata dari BINUS Digital, perkenalan ini bertujuan agar platform ini digunakan sebagai media networking untuk mencari pengalaman sebagai Creative Freelancer, serta dapat bergabung tidak hanya selain sebagai insan kreatif, namun juga dapat bergabung menjadi researcher bersama tim dosen, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang dapat menambah poin-pin BINUS Graduate Attributes. Sehingga para mahasiswa akan mendapatkan banyak nilai (value) setelah lulus nanti.