ARTICLE

TIPS FOR POTRAIT PHOTOGRAPHY

By Klub Seni Fotografi Bina Nusantara (KLIFONARA) • June 30, 2022

Hi Klifoners!πŸ–€πŸ’›

Berikut ini ada beberapa tips untuk potrait photography nih, yuk disimak!

  • Gunakan lensa Focal Length panjang

Hasil dari penggunaan lensa focal length berukuran 200 mm atau minimal 85 mm yang dilakukan untuk mencegah blur pada background ini, akan terlihat smooth dan lebih dekat dengan subjek karena lensa yang digunakan tersebut memperdekat subjek dengan background.

  • Cegah atau hindari Eye Level

Dengan mencegah eye level pada saat akan memotret, maka akan memberikan hasil potrait yang berbeda salah satunya dengan menyetarakan subjek lebih dari 1 dengan tinggi yang berbeda. Dimana eye level sendiri merupakan suatu teknik memotret dengan posisi kamera sejajar dengan ketinggian mata.

  • Gunakan flash dari sudut pandang arah berbeda

Untuk mendapatkan hasil potrait yang baik, tips selanjutnya disarankan menggunakan flash dari arah samping subjek hingga memberikan kesan light dan shadow. Dengan menggunakan flash juga akan membantu menonjolkan sisi detail dari subjek.

  • Gunakan Framing dengan tepat

Framing merupakan salah satu teknik dari fotografi yang dapat memberikan bingkai pada foto. Dengan menggunakan lena tele dimana pemotretan dapat melalui benda yang berlubang di area sekitar background, maka akan dapat memperoleh hasil potrait yang mengagumkan karena terdapat efek framing yang lebih smooth.

  • Hindari kekosongan di bagian atas subjek

Untuk mendapatkan jarak yang tepat ketika foto potrait hingga terdapat hasil yang lebih berkesan dengan titik fokus yang jelas, maka perlu dihindari adanya kekosongan di area atas dari subjek atau bagian kepala.

  • Atur komposisi mata subjek

Tips selanjutnya untuk mendapat hasil yang lebih bagus, sangat penting memastikan pengaturan pada komposisi mata yang tepat. Hal ini dilakukan agar dapat memberikan kesan fokus yang lebih tegas, yang menghasilkan bidikan yang lebih tepat serta tidak terkesan seperti dibuat-buat.

 

Wah..Β  gimana nih Klifoners? menarik sekali yaa! Kelihatannya tips-tips di atas akan sangat membantu kita ketika ingin melakukan potrait photography nih ^^

 

Source:

DIYKAMERA.COM