ARTICLE

PSYCARE 2023: “Manage Stress & Emotional Regulation”

By Himpunan Mahasiswa Psikologi (HIMPSIKO) • December 29, 2023

PSYCARE atau Psychology Care merupakan salah satu program kerja dari Badan Pengembangan Organisasi dan Kemasyarakatan (BPOK) di Himpunan Mahasiswa Psikologi (HIMPSIKO) BINUS University yang bersifat P2M atau Pengabdian Kepada Masyarakat, dimana rangkaian acara ini  meliputi kegiatan volunteer dan pengumpulan donasi. 

Seluruh rangkaian kegiatan PSYCARE 2023 telah dilaksanakan selama 5 hari, yaitu pada tanggal 21 Agustus 2023 sampai dengan tanggal 25 Agustus 2023.

PSYCARE 2023 mengangkat mengangkat tema Stress & Emotiondengan sub-tema “Manage Stress & Emotional Regulation. Dalam rangka untuk mengedukasi Mahasiswa/i BINUS University dan masyarakat umum mengenai cara mengelola emosi untuk mengekspresikannya ke arah hal yang positif. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kepedulian terhadap individu ataupun kelompok yang kesulitan untuk mengenali dan mengontrol emosinya. Dengan tema, sub-tema, dan tujuan yang diangkat, PSYCARE 2023 dengan bangga mengangkat judul “ Stress and the Brain: The Role of Emotionsdengan slogan “Don’t let stress take over yourself, let’s take charge of your emotions!” guna merealisasikannya pada masyarakat.

Volunteer

Kegiatan volunteer  yang dilakukan pada PSYCARE 2023 diadakan selama 5 hari, yaitu pada tanggal 21, 22, 23 , 24, dan 25 Agustus 2023 di Panti Asuhan Tebet Yayasan Remaja Masa Depan. Yayasan ini berbentuk nirlaba yang kegiatan utamanya adalah panti asuhan dan disertai program-program lainnya sebagai usaha advokasi dan pemberdayaan bagi anak-anak terlantar agar mereka mempunyai masa depan yang lebih cerah.  Pada tahun 2003, Panti Asuhan Tebet Yayasan Remaja Masa Depan dibuka dengan tujuan untuk menampung murid sekolah gratis yang tidak mempunyai rumah, anak yatim piatu, atau anak jalanan. Kegiatan volunteer tahun ini dilaksanakan secara onsite seiring sudah meredanya pandemi seperti pelaksanaan PSYCARE 2022. Kegiatan volunteer selama lima hari ini diikuti dan dibantu oleh teman-teman Mahasiswa/i Jurusan Psikologi BINUS University yang berjumlah sebanyak 20 volunteer. Rangkaian kegiatan volunteer ini diisi dengan pemberian materi terkait 6 emosi dasar (bahagia, takut, sedih, marah, terkejut, dan jijik), melatih kemampuan meregulasi emosi dengan games, dan sesi mystery box untuk menunjukkan emosi jijik pada remaja. Remaja di yayasan ini terlihat sangat antusias mengikuti acara volunteer PSYCARE ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penggalangan Donasi

Penggalangan donasi PSYCARE 2023 dilakukan pada tanggal 3-25 Agustus 2023 melalui media sosial. Penggalangan donasi ditujukan kepada Yayasan Panti Asuhan Tebet Remaja Masa Depan yang dijadikan tempat untuk melaksanakan kegiatan volunteer PSYCARE 2023. Jumlah donasi yang berhasil terkumpul yaitu sebesar Rp13.872.500. Penyerahan donasi dilakukan secara tatap muka di Yayasan Panti Asuhan Tebet Remaja Masa Depan pada penutupan kegiatan volunteer PSYCARE 2023 di tanggal 25 Agustus 2023. Penyerahan donasi disaksikan secara langsung melalui Zoom Meeting yang dihadiri oleh perwakilan Jurusan Psychology BINUS University. Kemudian, pemberian donasi tersebut dilakukan oleh Bilqis Nabila Sholiha selaku Ketua Pelaksana dan perwakilan segenap Panitia PSYCARE secarasimbolis kepada pihak yayasan. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Harapan/Kesan Pesan

Dengan dilaksanakannya PSYCARE 2023, kami berharap dapat meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat sekitar terutama Mahasiswa/i BINUS University terhadap anak-anak di panti asuhan yang memerlukan dukungan dan kasih sayang. Selain itu, diharapkan Mahasiswa/i BINUS University dan masyarakat umum dapat mengelola stres dan meregulasi emosi dengan baik.