ARTICLE

LACTOSE 13.0 – SALAD : Self-Awareness, Learn Adaptability, Develop Skills, Achieve Leadership

By Himpunan Mahasiswa Teknologi Pangan (HIMFOODTECH) • February 2, 2024

Pada tanggal 29 Januari 2024 perjalanan para calon aktivis untuk menjadi aktivis dimulai dengan adanya Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis atau LDK-A yang dihadiri sebanyak 44 calon aktivis. Acara dibuka dengan pembukaan MC, dimana para calon aktivis diberikan waktu untuk mengisi entri ticket, diikuti dengan doa pembuka yang dipimpin oleh Luisa Gratia Eva Puspita, kemudian acara berlangsung dengan beberapa kata sambutan, dari Ibu Diana Lo selaku Ketua Program Studi Food Technology, Natasya Kristy Wangka selaku ketua umum HIMFOODTECH 2024/2025, dan Athira Zahira Rodjudin selaku Ketua acara LDK-A.

Gambar 1. Peserta mulai memasuki ruang pelaksanaan LDK-A

Gambar 2. Kata sambutan oleh Diana Lo selaku Kepala Program Studi Food Technology

Gambar 3. Kata Sambutan oleh Natasya Kristy selaku Ketua Umum HIMFOOFTECH 2024/2025

Gambar 4. Kata sambutan oleh Athira Zahira selaku Ketua Event LDK-A HIMFOODTECH 2024

Sebelum materi pertama dibawakan para peserta diberikan waktu 10 menit untuk mengisikan pre test tentang materi yang akan dibawakan. Materi pertama yang dibawakan adalah materi tentang HIMFOODTECH sendiri, yang dibawakan oleh DPI HIMFOODTECH 2024/2025. Materi berisikan tentang divisi divisi yang ada di HIMFOODTECH serta program kerja apa sajakah yang ada dalam HIMFOODTECH ini. Sesi diakhiri dengan Sesi tanya jawab dan penyerahan sertifikat kepada pembicara, sebelum peserta kembali diberikan waktu 10 menit untuk mengisikan post test.

Gambar 5. Pemaparan materi oleh DPI UMUM HIMFOODTECH 2024/2025 mengenai “HIMFOODTECH”

Setelah itu, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Pembagian kelompok dilakukan dengan peserta yang menghitung angka 1 hingga 6. Peserta yang mendapatkan angka yang sama kemudian berkumpul untuk melakukan ice beaking pertama, yaitu Suit Merdeka.

Gambar 6. Ice breaking pertama, Suit Merdeka

Rangkaian acara dilanjutkan dengan materi kedua, yaitu materi mengenai “Leadership”. Sebelum materi ini dibawakan, seluruh peserta diminta untuk mengisi Pre-test untuk menguji pengetahuannya tentang topik yang akan dibawakan. Topik “Leadership” dipaparkan oleh Natalia Devi, selaku Ketua HIMFOODTECH 2024/2024. Pemberian materi meliputi karakteristik dari seorang pemimpin, kemampuan yang perlu dikuasasi seorang pemimpin, hingga cara menjadi pemimpin yang ideal. Setelah materi diberikan, peserta kembali mengisi post-test dan dilanjutkan dengan istirahat.

Gambar 7. Pemaparan materi oleh Natalia Devi selaku Ketua HIMFOODTECH 2023/2024 mengenai “Leadership”

Kemudian, diantara sesi materi tersebut terdapat ice breaking II yang mengasah kekompakan dan juga strategi untuk tujuan bersama setiap kelompoknya. Ice breaking II, yaitu bermain estafet karet.

Gambar 8. Ice breaking kedua, Estafet Karet

Setelah ice breaking II, para aktivis menjadi lebih bersemangat lagi untuk mendengarkan materi III. Sebelum pemaparan materi III diberikan, para aktivis melakukan pre-test terlebih dahulu. Kemudian, dilanjutkan pemaparan materi III dengan judul “Key of Success” yang dibawakan oleh Dosen Food Technology, yaitu Andreas Romulo. Pada materi ini berisikan tentang kesuksesan dan bagaimana cara untuk mencapai kesuksesan dengan mengetahui minat dalam diri. Untuk mengetahui seberapa paham calon aktivis mengenai materi tersebut, dilakukan post-test dan setelah mendengarkan materi, calon aktivis lebih paham dengan materi yang diberikan.

Gambar 9. Pemaparan materi oleh Andreas Romulo mengenai “Key of Success”

Setelah materi III, kami melakukan dokumentasi foto bersama antara pengurus dengan calon aktivis. Acara LDK-A ditutup dengan doa penutup dan MC menutup acara, serta sebelum pulang para aktivis harus mengisi exit ticket. Dengan dilaksanakannya LDK-A, diharapkan seluruh calon aktivis mendapatkan insight baru dan dapat memiliki jiwa kepemimpinan yang baik.


Gambar 10. Dokumentasi seluruh peserta dan panitia LACTOSE 13.0: SALAD