ARTICLE

National Cyber Week 2023

By Cyber Security Community (CSC) • December 18, 2023

National Cyber Week merupakan acara yang diadakan CSC, yang dibagi menjadi dua sub-acara, yaitu seminar dan perlombaan CTF (Capture the Flag).

  1. Seminar

Seminar diawali dengan adlibs dari dewaweb dan hackrocks. Dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua acara, Samuel Chandra Sutiaman, dan ketua umum CSC, Vinny Surya Trinita.

Seminar yang diadakan kali ini berjudul Unveiling the Digital Intruders: Delving into Malware Analysis yang memiliki makna suatu eksplorasi mendalam terhadap ancaman dalam bidang cyber, khususnya melalui malware. Pembicara membawakan materi seputar malware analysis dan memperlihatkan teknik-teknik yang digunakan dalam mengembangkan suatu malware.

Seminar ini diperkaya dengan wawasan dari Henky Tornado, seorang konsultan di ITSEC Asia (Team Lead) yang merupakan alumni Binusian 21 dan pernah menjabat sebagai Ketua CSC tahun 2018-2019. Peserta dapat memperoleh wawasan baru dan pemahaman yang lebih dalam mengenai dunia malware analysis.

Setelah selesai sesi pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan permainan games dengan platform Kahoot.

Setelah itu, acara ditutup dengan pemberian plakat kepada pembicara serta sesi dokumentasi dengan para peserta.

2. CTF (Capture The Flag)

Capture the Flag (CTF) adalah salah satu jenis dari kompetisi hacking yang dimana mengharuskan peserta untuk mencari sebuah file/string yang disembunyikan di dalam sistem yang disebut dengan istilah “flag”. Perlombaan CTF di NCW kali ini bertemakan Catch Me If You Can. Pada National Cyber Week 2023, perlombaan Capture the Flag dibagi menjadi dua babak, yaitu babak penyisihan dan babak final.

Pada babak penyisihan CTF National Cyber Week yang berlangsung secara online pada Minggu, 19 November 2023, sebanyak 62 tim dari berbagai universitas di berbagai provinsi telah menunjukkan kemampuan mereka dalam menyelesaikan soal-soal yang telah diberikan.

Babak penyisihan ini menentukan 15 tim teratas yang akan lolos ke final CTF National Cyber Week secara onsite di Kampus Anggrek, BINUS Kemanggisan, pada Minggu, 3 Desember 2023.

Babak final CTF National Cyber Week akan diadakan secara onsite di Kampus Anggrek, BINUS Kemanggisan, pada Minggu, 3 Desember 2023. Di babak final, para peserta akan dihadapi dengan berbagai soal yang lebih menantang, menciptakan pengalaman kompetisi yang mendalam. Final CTF NCW tidak hanya menjadi ajang perlombaan, tetapi juga kesempatan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman serta menjalin hubungan yang baik antar peserta.

Scoreboard pada saat difreeze

Penilaian pemenang ditentukan oleh jumlah challenge yang diselesaikan dan pengumpulan write up. Dengan penilaian tersebut, pemenang CTF NCW 2023 diraih oleh:

  • TCP1P (skor: 1220)
  • is_admin=true (skor: 1212)
  • sehad (skor: 768)