ARTICLE

HUT CSC 2023 : How to be A Certified Hacker

By Cyber Security Community (CSC) • June 5, 2023

HUT Cyber Security Community (CSC) merupakan acara yang diselenggarakan oleh CSC untuk merayakan ulang tahun CSC yang ke-10. HUT CSC 2023 dilaksanakan pada hari sabtu, 27 Mei 2023 dimulai pada pukul 13:20 – 16:20 WIB dan dilaksanakan secara onsite. Acara ini dibawakan oleh Adam Aji Purnama dan Gracia Abadi sebagai Master of Ceremony. HUT CSC 2023 bertemakan “How to be A Certified Hacker” dan dibuka dengan kata sambutan dari ketua acara, Felysia Meytri dan ketua Cyber Security Community (CSC), Vinny Surya Trinita.

 

 

 

 

 

 

 

Selanjutnya, Vinny Surya Trinita selaku Ketua Cyber Security Community (CSC) dan Khumaira Malik Anabil selaku Treasurer CSC akan mengenalkan Cyber Security Community (CSC) kepada para peserta HUT. Pengenalan Cyber Security Community (CSC) meliputi What Is CSC, Slogan CSC, Visi & Misi CSC, Ketua CSC dari 2016-2023, DPI (Dewan Pengurus Inti) CSC 2023, Logo CSC, Divisi yang terdapat pada CSC yaitu Human Capital, Education, Media & Publication, dan Research & Development, dan Social Media CSC.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan seminar yang bertemakan How to be A Certified Hacker. Seminar ini dibawakan oleh Pak Digit Oktavianto, selaku information Security Consulting Manager di Mitra Integrasi Informatika serta Co-Founder dari BlueTeam.ID. Beliau juga memiliki berbagai macam sertifikasi seperti GCIH, GMON, GCFE, GCTI, GICSP, dan lain-lain.

Selanjutnya, Pak Digit Oktavianto akan memulai seminar dengan membawakan materi How to be A Certified Hacker. Materi How to be A Certified Hacker meliputi:
Introduction to Cyber Security
Example of Hacking Case Study
Introduction to Career in Cyber Security
Cyber Security Professional Job
Ethic in Cyber Security
Cyber Security Certification
Cyber Security Certification Tips and Trick.

Beliau juga menjelaskan tentang White Hat, Black Hat, Grey Hat, Red Team, Blue Team, Cyber Security Roles, Cyber Security Domain, Cyber Security Professional, dan lain-lain.

Selain itu, Pak Digit juga menjelaskan certification yang dapat diambil. Dengan mempunyai certification di area cyber security dapat menjadi nilai tambah bagi individu dalam karir ke depannya. Pak Digit membagi certification menjadi dua bagian yaitu,

  • Vendor Based seperti CISCO, F5, Checkpoint, Palo Alto, Microsoft, Juniper, dan lain-lain.
  • Non-Vendor Based seperti OSWE, OSCE, OSEP, OSEE dari Offensive Security, CEH dari EC-Concil, GPEN dari GIAC, CISSP dari ISC2, dan CISA dari ISACA.

Setelah seminar diselesaikan oleh Pak Digit, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Acara akan dilanjutkan dengan sesi games dengan menggunakan kahoot. Setelah selesai games, acara ditutup dengan foto bersama dan exit ticket oleh peserta.