ARTICLE

Company Visit 2023 CSC x ISG – XMAX (Explore Your Dream, Maximize Your Career)

By Cyber Security Community (CSC) • February 17, 2023

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Cyber Security Community di BINUS University kembali mengadakan program kerja tahunannya, yakni kegiatan kunjungan perusahaan (company visit). Setelah beberapa tahun dilakukan secara virtual melalui Zoom Meeting, akhirnya tahun ini kegiatan Company Visit dapat diadakan secara 100% onsite.

Di tahun 2023 ini, Cyber Security Community (CSC) berkolaborasi dengan ISACA Student Group (ISG) dalam menyelenggarakan kegiatan Company Visit dengan tema XMAX (Explore Your Dream, Maximize Your Career). Adapun perusahaan yang dikunjungi kali ini adalah salah satu perusahaan BIG 4 yaitu PricewaterhouseCoopers yang berlokasi di Gedung WTC 3, Jl. Jend. Sudirman No.5, RW.4, Kuningan, Jakarta Selatan. Kegiatan ini diketuai oleh Justin Hadinata dari ISG dan Pitra Winarianto dari CSC.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 15 Januari 2023 lalu. Peserta Company Visit diminta untuk berkumpul di Halaman Binus Kemanggisan, tepatnya di depan gedung admisi kampus Anggrek pada pukul 7 pagi. Kemudian pada pukul 7.40 pagi, peserta Company Visit bersama-sama melakukan perjalanan menuju Gedung WTC 3 menggunakan bus binus.

Setelah tiba di lokasi, peserta diarahkan menuju ruang meeting di lantai 41. Kemudian peserta disambut oleh Malik dari CSC dan Alfina Fifi dari ISG selaku MC. Acara dibuka dengan kata sambutan dari Justin Hadinata, selaku Project Manager Acara Company Visit 2023 ini dan Delbert Giovanni Lie selaku ketua UKM CSC.

Pada rangkaian acara selanjutnya, kak Annisa Khairani selaku Human Capital dari PWC menjelaskan tentang sejarah dan profil perusahaan PricewaterhouseCoopers ini. Beliau juga menjelaskan seberapa pentingnya integritas yang baik bagi sebuah perusahaan dan di situlah pihak PWC sebagai perusahaan auditing diperlukan. Kak Annisa juga menjelaskan service-service yang ditawarkan perusahaan PWC, serta memperlihatkan video tur kantor PWC yang terletak pada lantai 33 hingga 43.

Materi berikutnya merupakan sharing experience yang dibawakan oleh kak Beatrix Ariane selaku Senior Manager di PWC. Pada sesi ini, kak Beatrix menceritakan pengalamannya sebagai Senior Manager yang membawahi bidang Cybersecurity and Data Privacy. Beliau menjelaskan bagaimana mekanisme auditing pada keamanan siber sebuah perusahaan dan berbagi suka duka dalam pengalamannya bekerja di bidang ini. Beliau juga berbagi tips-tips kepada peserta tentang bagaimana mempersiapkan karir dan berbagai rintangan yang harus dihadapi generasi muda seperti kami.

Setelah tim dari PWC menjelaskan semua materi yang dibahas, sesi tanya jawab dibuka untuk semua peserta. Antusiasme peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan. Dilanjutkan dengan sesi dokumentasi untuk foto bersama pembicara-pembicara PWC. Lalu, acara ditutup dengan ucapan terima kasih dari panitia acara kepada pihak PWC sebagai narasumber dan juga kepada peserta atas antusiasme dan keaktifannya. Namun sebelum pulang, para peserta melakukan Company Tour di area Lantai 41 dan lantai 42 yang dipandu kakak-kakak dari PWC. Setelah usai, para peserta kembali ke bus pada pukul 11.30 pagi dan melakukan perjalanan pulang ke kampus anggrek.