ARTICLE

WELCOMING PARTY CYBER SECURITY COMMUNITY 2022: CYBER 007 REACH THE UNPOSSIBLE

By Cyber Security Community (CSC) • October 12, 2022

Welcoming Party Cyber Security Community merupakan acara yang diselenggarakan untuk menyambut member-member baru Cyber Security Community. Acara Welcoming Party CSC 2022 berlangsung secara hybrid yang bertempat di Auditorium BINUS Anggrek lantai 4 dan di Zoom. Tema yang diangkat pada tahun ini yaitu Cyber 007: Reach The Unpossible. Acara ini dibawakan oleh Adam Purnama dan Vinny Surya sebagai Master of Ceremony. Acara dibuka oleh MC dengan menyapa dan mengajak para peserta untuk mengisi entry ticket. Selanjutnya MC membacakan peraturan yang perlu dipatuhi peserta selama acara berlangsung. Setelah itu, Bertrand Redondo sebagai Ketua Acara Welcoming Party 2022, menyampaikan sambutannya dan dilanjutkan oleh sambutan dari Ketua CSC Periode 2022, Delbert Giovanni. Delbert bersama Clints sebagai Ketua dan Coordinator Manager CSC Periode 2022 juga menjelaskan sejarah, visi misi, arti dari logo CSC, divisi-divisi, dan profil jajaran DPI (Dewan Pengurus Inti) organisasi Cyber Security Community.

Acara dilanjutkan dengan seminar yang bertemakan Cyber 007: Reach The Unpossible. Seminar ini dibawakan oleh Muhamed Ryan, selaku SIEM Engineer di PT. Packet Systems Indonesia. Seminar dimulai dengan pengenalan profil Muhamed Ryan dan dilanjutkan dengan pengenalan sistem operasi linux. Ryan juga memberikan tips & trick untuk para peserta yang berminat di bidang cyber security, yaitu diperlukan knowledge dan sertifikasi, seperti CEH (Certified Ethical Hacker). Untuk mendapatkan knowledge bisa dimulai dengan belajar di platform-platform online seperti Hack The Box dan Try Hack Me. 

Menurut Ryan, keahlian dalam coding juga dibutuhkan saat akan melakukan penetration testing program pada backdoor keamanan. Ryan juga menjelaskan Blue Team di cyber security juga perlu memahami konsep dasar penetration testing yang biasanya dilakukan oleh Red Team. Ryan memberikan beberapa alamat penetration testing lab yang bisa menjadi tempat belajar peserta (https://picoctf.com https://www.hackthebox.com https://alfa.nu/alert1). Sesi seminar ditutup dengan Q&A dari peserta Welcoming Party CSC 2022. 

Acara Welcoming Party dilanjutkan dengan game Treasure Hunt. Pada sesi ini MC membacakan peraturan game dan pembagian kelompok. Peserta diberikan clue video yang menceritakan kasus pembunuhan seorang wanita. Peserta diminta untuk mencari pelaku pembunuhan melalui media sosial milik korban dengan cara menelusuri petunjuk demi petunjuk yang ada terkait korban. Peserta juga diberikan clue tambahan setiap 10 menit sekali. Setelah game berakhir, acara ditutup dengan sesi dokumentasi dan pengisian exit ticket.