ARTICLE

Revitalisasi Industri: Bagaimana Business Analytics dan IoT Mendorong Transformasi Digital   

By School of Information Systems (SIS) • January 31, 2024

Di era digital yang terus berkembang, transformasi industri menjadi suatu keharusan untuk menjawab tantangan yang semakin kompleks. Dalam perjalanan ini, teknologi Business Analytics dan Internet of Things (IoT) muncul sebagai kekuatan pendorong yang mengubah paradigma operasional bisnis dan membawa revolusi digital ke berbagai sektor industri.  

Menghadapi Era Transformasi Digital, kita menyadari bahwa transformasi digital bukan lagi sekadar pilihan, melainkan sebuah keharusan untuk menjaga kelangsungan bisnis di tengah zaman yang penuh ketidakpastian. Dalam menjalani perjalanan ini, Business Analytics dan IoT muncul sebagai kunci utama yang membantu perusahaan memetakan langkah-langkah menuju masa depan yang lebih terkoneksi dan cerdas. 

Dalam integrasi Business Analytics, teknologi ini memainkan peran sentral dalam membawa transformasi digital. Melalui algoritma analisis yang canggih, perusahaan dapat menggali pola, tren, dan peluang baru yang mungkin terlewatkan sebelumnya. Keunggulan utama Business Analytics terletak pada kemampuannya untuk menyajikan informasi secara real-time, memberikan para pengambil keputusan kemampuan untuk merespons perubahan pasar dengan cepat dan membuat keputusan strategis yang lebih akurat. 

Sementara itu, Internet of Things (IoT) membawa gagasan tentang keterhubungan antarobjek melalui internet. Sensor-sensor yang terpasang pada perangkat fisik mengumpulkan data secara kontinu, menciptakan jaringan yang mengalir dengan informasi. IoT memungkinkan perusahaan untuk memantau dan mengelola aset fisik mereka secara lebih efisien, mulai dari peralatan pabrik hingga rantai pasokan. Lebih dari itu, dalam konteks transformasi digital, pengalaman pelanggan menjadi fokus utama. Melalui data yang dikumpulkan oleh IoT, perusahaan dapat menyajikan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan individual pelanggan, menciptakan pengalaman yang lebih baik dan personal.  

Dengan menghadirkan studi kasus perusahaan yang sukses dalam menerapkan integrasi Business Analytics dan IoT, kita dapat melihat dampak positif pada produktivitas, efisiensi, dan profitabilitas mereka. Meski demikian, tantangan dalam implementasi seperti hambatan teknis, keamanan data, dan perubahan budaya organisasi perlu diidentifikasi dan diatasi.  

Melihat masa depan saat ini, kemungkinan integrasi teknologi lainnya seperti kecerdasan buatan (AI) dan machine learning menjadi penting. Kesadaran akan peran kepemimpinan yang visioner dan strategis semakin meningkat, di mana pemimpin dapat menjadi katalisator perubahan dan mendorong adopsi teknologi.  

Seiring dengan menggabungkan kekuatan Business Analytics dan IoT, perusahaan dapat membangun fondasi yang kokoh untuk masa depan yang terkoneksi dan cerdas. Transformasi digital bukan lagi impian, tetapi realitas yang dapat dicapai melalui langkah-langkah strategis yang terukur dan terarah. Revitalisasi industri melalui Business Analytics dan IoT menjadi kunci untuk mencapai era bisnis yang lebih adaptif, efisien, dan responsif terhadap perubahan dinamis di sekitarnya. 

 

Referensi : 

https://www.kominfo.go.id/content/detail/16505/apa-itu-industri-40-dan-bagaimana-indonesia-menyongsongnya/0/sorotan_media 

https://arkatama.id/transformasi-digital-ini-waktu-yang-tepat-mengupgrade-bisnismu/