ARTICLE

Mempersiapkan Pesan Presentasi Ala Konsultan dengan Prinsip Piramida  

By School of Information Systems (SIS) • January 31, 2024

Presentasi merupakan bentuk komunikasi lisan yang bertujuan untuk menyampaikan informasi, memotivasi, atau meyakinkan audiens tentang suatu ide, konsep, atau produk. Salah satu konsep presentasi yang mulai banyak digunakan dalam dunia bisnis dengan prinsip piramida. Mari kita simak apa itu prinsip piramida? 

Prinsip piramida sendiri diciptakan oleh seseorang bernama Barbara Minto pada saat bekerja sebagai konsultan di McKinsey & Company. Barbara Minto mengembangkan prinsip piramida untuk membantu para konsultan menyusun dan menyampaikan informasi dengan lebih efektif. Pengembangan prinsip ini juga dibuatkan buku berjudul “The Pyramid Principle: Logic in Writing and Thinking” yang diterbitkan pada tahun 1987. Meskipun bukunya lebih banyak berfokus pada penulisan dan berpikir namun sebenarnya prinsip tersebut dapat dengan mudah diadaptasi ke dalam presentasi. 

Berikut ini langkah-langkah membuat presentasi ala konsultan: 

1. Identifikasi tujuan presentasi: 

  • Tentukan tujuan utama presentasi Anda. 
  • Pahami audiens Anda dan fokuskan pesan sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka. 

2. Gunakan Headline yang Menarik: 

  • Mulailah presentasi Anda dengan headline yang menarik perhatian. 
  • Pastikan headline mencerminkan pesan utama atau tujuan presentasi. 

3. Gunakan SCQA Framework agar mempermudah Anda untuk melakukan presentasi 

  • Situasi (situation): Anda dapat menggambarkan situasi saat ini sesuai dengan topik presentasi yang sedang dijelaskan. Contoh: keadaan pasar dan keinginan konsumen terhadap produk yang dijual. 
  • Komplikasi (complication): Anda dapat menjelaskan masalah-masalah yang membuat situasi menjadi problematik. Masalah dapat disusun berdasarkan kategori agar audiens lebih mengerti apa yang ingin Anda jelaskan. 
  • Pertanyaan (question): Anda dapat menarik pertanyaan yang terhadap permasalahan yang ada dan hal ini megarah ke solusi apa yang ingin diterapkan nantinya.  
  • Jawaban (answer): Setelah mengetahui situasi, permasalahan dan pertanyaan yang muncul maka pada bagian ini Anda bisa menjelaskan solusi atau ide apa yang ingin disampaikan kepada audiens terhadap permasalahan yang sedang dihadapi.  

4. Setelah menjelaskan presentasi dengan prinsip piramida, Anda juga mempersiapkan data valid berupa fakta atau grafik yang bisa menjadi pendukung terhadap solusi yang Anda tawarkan. Hal ini bertujuan agar yang Anda sampaikan bukan hanya sekedar asumsi melainkan memang solusi Anda tepat sasaran berdasarkan research yang sudah dilakukan. 

5. Terakhir, pastikan Anda dapat membuat slide presentasi mudah dibaca dan dipahami. Anda dapat membuat alur cerita yang bertujuan agar para audiens paham apa yang ingin Anda sampaikan. 

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menyusun presentasi yang efektif menggunakan prinsip piramida, memastikan bahwa pesan utama Anda disampaikan dengan jelas dan didukung oleh poin-poin kunci yang relevan. 

Referensi: 

https://erry-ricardo.com/2019/11/18/4-langkah-jitu-menyiapkan-pesan-presentasi-ala-konsultan-dunia/