ARTICLE

Self-Study Versus Virtual Classroom e-Learning

By Primary Teacher Education (PGSD) - Faculty of Humanities • March 3, 2023

Dalam beberapa tahun terakhir, e-Learning telah menjadi pilihan yang semakin populer bagi pembelajar yang ingin mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru. e-Learning memungkinkan pelajar untuk mengakses konten dan sumber daya pendidikan dari mana saja, kapan saja, dan dapat disampaikan dalam berbagai format, termasuk belajar mandiri dan pengaturan ruang kelas virtual. Pada artikel ini, kita akan mengeksplorasi perbedaan antara belajar mandiri dan e-Learning kelas virtual, serta keuntungan dan kerugian masing-masing.

1. Belajar mandiri e-Learning

E-Learning belajar mandiri melibatkan pembelajar yang mengakses konten dan sumber daya pendidikan mereka sendiri, tanpa dukungan guru atau instruktur. Belajar mandiri e-Learning dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, termasuk kursus online, ebook, dan modul pembelajaran interaktif.

1.1. Manfaat e-Learning Belajar Mandiri:

  1. Fleksibilitas: Belajar mandiri e-Learning sangat fleksibel, karena pembelajar dapat mengakses konten dan sumber daya pendidikan kapan pun nyaman bagi mereka. Ini membuatnya ideal untuk pelajar yang memiliki jadwal sibuk atau yang lebih suka belajar dengan kecepatan mereka sendiri.
  2. Hemat Biaya: Belajar-sendiri e-Learning seringkali lebih hemat biaya daripada pembelajaran berbasis ruang kelas tradisional, karena tidak diperlukan ruang kelas fisik atau gaji instruktur. Ini menjadikannya pilihan ideal bagi pelajar yang memiliki anggaran terbatas.
  3. Pembelajaran Mandiri: Belajar mandiri e-Learning memungkinkan pembelajar untuk belajar dengan kecepatan mereka sendiri, tanpa tekanan mengikuti kelas yang penuh dengan pembelajar lainnya. Ini berarti bahwa pembelajar dapat meluangkan waktu untuk memahami sepenuhnya konsep yang sulit sebelum beralih ke materi baru.

1.2. Kekurangan e-Learning Belajar Mandiri:

  1. Kurang dukungan: Belajar mandiri e-Learning dapat menjadi tantangan bagi pembelajar yang membutuhkan dukungan atau bimbingan dari seorang instruktur atau guru. Tanpa dukungan dari seorang guru atau instruktur, pelajar mungkin berjuang untuk memahami konsep yang kompleks atau mungkin menjadi frustrasi dengan kemajuan mereka.
  2. Interaksi Terbatas: Pembelajaran mandiri e-Learning dapat bersifat mengisolasi, karena pembelajar tidak memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan pembelajar lain atau menerima umpan balik dari instruktur atau guru.
  3. Disiplin Diri: Belajar mandiri e-Learning membutuhkan disiplin diri dan motivasi tingkat tinggi, karena pembelajar bertanggung jawab atas kemajuan belajar mereka sendiri. Ini bisa menjadi tantangan bagi pelajar yang berjuang dengan disiplin diri atau yang membutuhkan motivasi eksternal untuk tetap berada di jalur.

2. e-Learning Kelas Virtual

Kelas virtual e-Learning melibatkan pembelajar yang mengakses konten dan sumber daya pendidikan melalui pengaturan kelas virtual, dengan dukungan seorang guru atau instruktur. E-Learning kelas virtual dapat mengambil berbagai bentuk, termasuk webinar, konferensi video, dan kelas online langsung.

2.1. Manfaat e-Learning Kelas Virtual:

  1. Interaksi: E-Learning kelas virtual memungkinkan pelajar untuk berinteraksi dengan pelajar lain dan menerima umpan balik dan dukungan dari instruktur atau guru. Hal ini dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan efektif.
  2. Fleksibilitas: E-Learning kelas virtual sangat fleksibel, karena pelajar dapat mengakses konten dan sumber daya pendidikan dari mana saja dengan koneksi internet. Ini membuatnya ideal untuk pelajar yang tidak dapat menghadiri program pembelajaran berbasis kelas tradisional.
  3. Mendukung: Kelas virtual e-Learning memberi pembelajar dukungan dan bimbingan yang mereka butuhkan untuk sepenuhnya memahami konsep yang kompleks dan membuat kemajuan dalam perjalanan pembelajaran mereka.

2.2. Kekurangan e-Learning Kelas Virtual:

  1. Kesulitan Teknis: E-Learning kelas virtual dapat menjadi tantangan bagi pelajar yang tidak terbiasa dengan teknologi, karena kesulitan teknis terkadang dapat mengganggu pengalaman belajar.
  2. Fleksibilitas Terbatas: E-Learning kelas virtual mungkin kurang fleksibel daripada e-Learning belajar mandiri, karena pelajar mungkin diminta untuk menghadiri kelas pada waktu yang ditentukan atau menyelesaikan tugas dalam jangka waktu tertentu.
  3. Biaya: E-Learning kelas virtual bisa lebih mahal daripada e-Learning belajar mandiri, karena ada kebutuhan ruang kelas virtual dan gaji instruktur.

3. E-Learning Belajar Mandiri versus e-Learning Kelas Virtual: Mana yang Terbaik?

Jadi, mana yang terbaik, e-Learning belajar mandiri atau e-Learning kelas virtual? Jawabannya bergantung pada sejumlah faktor, termasuk gaya belajar pribadi Anda, anggaran Anda, dan akses Anda ke teknologi.

Jika Anda adalah pembelajar yang memiliki motivasi diri yang lebih suka belajar dengan kecepatan Anda sendiri, e-Learning belajar mandiri mungkin merupakan pilihan terbaik untuk Anda. Belajar mandiri e-Learning juga merupakan pilihan ideal bagi pelajar yang memiliki anggaran terbatas atau yang tidak dapat menghadiri program pembelajaran berbasis kelas tradisional.

Di sisi lain, jika Anda memerlukan dukungan dan bimbingan dari seorang instruktur atau guru, e-Learning kelas virtual dapat menjadi pilihan terbaik untuk Anda. E-Learning kelas virtual dapat lebih menarik dan efektif untuk pelajar yang membutuhkan interaksi dengan pelajar lain dan umpan balik dari instruktur atau guru.

Pada akhirnya, keputusan antara e-Learning belajar mandiri dan e-Learning kelas virtual bergantung pada preferensi pribadi dan kebutuhan belajar Anda. Beberapa pembelajar mungkin mendapat manfaat dari kombinasi kedua jenis e-Learning, menggunakan e-Learning belajar sendiri untuk mendapatkan pemahaman dasar tentang suatu topik dan e-Learning kelas virtual untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam dan berinteraksi dengan pelajar lain.

Kesimpulannya, e-Learning adalah cara yang efektif dan fleksibel untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru. Apakah Anda memilih e-Learning belajar mandiri atau e-Learning kelas virtual, penting untuk meluangkan waktu untuk menemukan program pembelajaran yang memenuhi kebutuhan Anda dan mendukung tujuan pembelajaran Anda. Dengan pendekatan yang tepat, e-Learning dapat menjadi cara yang efektif dan menyenangkan untuk mencapai tujuan pendidikan dan karir Anda.