NEWS

Catat! Beasiswa Unggulan di Tahun 2024, Berikut Daftarnya

By BINUS Malang • February 5, 2024

Catat! Beasiswa Unggulan di Tahun 2024, Berikut Daftarnya

Sebentar lagi beasiswa unggulan 2024 dari pemerintah akan dibuka untuk berbagai jenjang pendidikan yakni Sarjana (S1), Magister (S2) juga Doktor (S3).  Beasiswa ini akan diberikan kepada mahasiswa untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang selanjutnya.

Setidaknya pemerintah Indonesia menyiapkan 5 beasiswa di tahun 2024 yang di dalamnya meliputi dana transportasi, dana asuransi kesehatan, Uang Kuliah Tunggal, hingga dana tunjangan untuk buku. Berikut adalah 5 Beasiswa S1, S2, S3  Unggulan di Tahun 2024:

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI)

Ini adalah beasiswa yang ditujukan untuk jenjang Sarjana, Magister, dan Doktor yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek. Beasiswa ini akan dibuka Mei 2024 mendatang dan ditutup bulan setelahnya yakni Juni 2024. Agar bisa mendapatkan beasiswa ini kamu diharuskan untuk mengikuti alur seleksi administratif dan substansi.

  1. Beasiswa S1/D4
  • S1 Indonesia Maju untuk dalam dan luar negeri
  • S1 Pelaku Budaya untuk dalam negeri
  • S1/D4 calon guru SMK untuk dalam negeri
  1. Beasiswa S2 untuk dalam dan luar negeri
  • S2 Indonesia Maju
  • S2 Pelaku Budaya
  • S2 Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  • S2 Dosen Perguruan Tinggi Vokasi
  •  S2 Calon Dosen Perguruan Tinggi Akademik
  1. Beasiswa S3
  • S3 Dosen LPTK atau Pendidikan Profesi Guru untuk luar negeri
  • S3 Pelaku Budaya untuk dalam dan luar negeri
  • S3 Dual Degree atau Joint Degree Perguruan Tinggi Akademik
  • S3 Pendidik dan Tenaga Kependidikan untuk dalam dan luar negeri
  • S3 Dosen Perguruan Tinggi Vokasi untuk dalam dan luar negeri
  • S3 Dosen Perguruan Tinggi Akademik untuk dalam dan luar negeri

Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

Beasiswa ini diselenggarakan untuk tiga jenjang yakni Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3) dan memiliki dua tahap pendaftaran. Tahap pertama pendaftaran beasiswa LPDP dimulai pada bulan Juli 2023 sampai Januari 2024. Sedangkan untuk tahap dua dimulai tanggal 19 Juni 2024 hingga 17 November 2024 dengan masa awal kuliah paling cepat bulan Januari 2025.

Ada 3 jenis program pada LPDP tahun 2024 yakni Program Umum, Program Targetter dan Program Afirmasi dengan keseluruhan berjumlah 11 beasiswa. Berikut lengkapnya:

  1. Program Umum

Ada tiga beasiswa dalam program umum LPDP yakni beasiswa reguler, Perguruan Tinggi Utama Dunia dan Parsial.

  1. Program Targeted

Dalam Program Targeted terdapat 4 beasiswa yakni beasiswa PNS, TNI dan POLRI, beasiswa Pendidikan Kader Ulama, beasiswa Kewirausahaan, serta beasiswa Dokter Spesialis dan Subspesialis.

  1. Program Afirmasi

Pada program ini ada 4 beasiswa yakni beasiswa Prasejahtera, beasiswa Daerah Afirmasi, beasiswa Putra-Putri Papua dan beasiswa Penyandang Disabilitas.

Beasiswa Bank Indonesia

Bank Indonesia juga memiliki beasiswa bagi kamu yang ingin kuliah di jenjang S2. Beasiswa ini berasal dari GenBi yang masih berada dibawah naungan Bank Indonesia. Lingkup dari beasiswa ini adalah bantuan biaya perkuliahan serta tunjangan untuk hidup. Sebagai tambahan, kamu juga mendapatkan akses untuk bergabung dalam komunitas beasiswa Bank Indonesia dan juga berhak mendapatkan pelatihan dari Bank Indonesia.

Adapun persyaratannya adalah sebagai berikut:

  1. Mahasiswa aktif (tidak sedang cuti akademik) pada jenjang D3, D4 atau S1
  2. Tidak sedang atau akan mendapatkan beasiswa dari lembaga lainnya
  3. Berusia 23 tahun atau kurang ketika menerima beasiswa
  4. Telah menginjak semester 3 atau telah menyelesaikan minimal 40 SKS
  5. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00
  6. Memiliki pengalaman dalam bidang sosial yang bermanfaat bagi masyarakat dan juga lingkungan
  7. Diutamakan mahasiswa yang berasal dari keluarga pra sejahtera atau kurang mampu
  8. Bersedia berperan aktif untuk mengelola dan mengembangkan komunitas penerima beasiswa GenBI serta selalu aktif berpartisipasi dalam kegiatan BI.

Unggulan Kemendikbudristek

Ini merupakan beasiswa yang diberikan oleh pemerintah bagi putra-putri terbaik bangsa Indonesia yang berada di perguruan tinggi baik dalam ataupun luar negeri yang sedang mengenyang jenjang S1, S2, dan juga S3. Lingkup dari beasiswa ini antara lain biaya pendidikan perkuliahan, biaya buku, biaya transportasi dan juga biaya hidup.

Beasiswa unggulan masih dibedakan lagi dalam 4 program beasiswa yaitu:

  1. Beasiswa Masyarakat Berprestasi

Beasiswa ini tersedia untuk 3 jenjang yakni Sarjana, Magister dan Doktor.

  1. Beasiswa Bagi Penyandang Disabilitas

Beasiswa ini ditujukan hanya untuk jenjang Magister dan Doktor.

  1. Beasiswa untuk Pegawai Kemendikbudristek

Beasiswa ini ditujukan hanya untuk jenjang Magister dan Doktor.

  1. Beasiswa Penghargaan

Beasiswa ini diberikan sebagai bentuk penghargaan yang diberikan oleh pemerintah untuk orangtua kandung penerima beasiswa yang gugur ketika menjalankan tugas negara atau pengabdian kepada negara.

Beasiswa Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)

Kominfo kembali membuka program beasiswa S2 dalam dan juga luar negeri pada tahun ini. Melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia program ini dibuka bagi seluruh aparatur pemerintahan baik pusat ataupun daerah yang termasuk dalam anggota POLRI, TNI dan Pegawai Swasta dengan latar belakang pada sektor start-up.

Seleksi beasiswa ini dimulai dari pembuatan akun lalu dilanjut dengan pendaftaran dan pengisian profil. Setelah itu dilanjut dengan proses 3 seleksi yakni seleksi administrasi, seleksi psikotes, dan seleksi wawancara. Terakhir adalah pengumuman.

Persyaratan umum beasiswa Kominfo yaitu:

  1. WNI berusia maksimal 45 tahun
  2. Lulusan jenjang S1 atau D4 dengan minimal IPK minimal 3,00
  3. Memiliki latar pendidikan dalam bidang TIK
  4. Memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun
  5. Tidak ditujukan untuk jabatan fungsional seperti dosen
  6. Melampirkan rencana tesis dalam bahasa Inggris dan Indonesia

Mengenal Beasiswa BINUS Malang

Jika diatas adalah beasiswa unggulan 2024 dari pemerintah, maka BINUS @Malang juga akan memberikan beasiswa bagi mereka yang hendak masuk ke jenjang Sarjana (S1). Jadi bagi kamu yang khawatir kuliah karena kurangnya biaya, maka daftarkanlah dirimu menjadi calon penerima beasiswa. Berikut beberapa beasiswa dari BINUS @Malang:

  1. Beasiswa TPKS (Tes Potensi Keberhasilan Studi)

Kamu bisa mendaftar sebagai calon penerima beasiswa TPKS dengan mendaftar melalui website https://binus.ac.id/daftaronline. Setelah itu ikuti dan lulus TPKS.

  1. Beasiswa Widia Scholarship

Beasiswa ini bisa kamu dapatkan dengan mulai mendaftar lewat website resmi BINUS @Malang https://binus.ac.id/daftaronline. Lampirkan dokumen pendukung seperti fotokopi piagam kompetensi atau sertifikat pada 3 tahun terakhir. Ikutilah tes dan lulus TPKS.

  1. Beasiswa BINUSIAN Community Scholarship

Dapatkan beasiswa ini dengan melakukan pendaftaran secara online pada website BINUS @Malang https://binus.ac.id/daftaronline. Setelah itu unggah dokumen pelengkap antara lain:

  • Ijazah orang tua atau saudara yang lulus dari BINUS University atau BINUSIAN card bagi yang masih aktif kuliah.
  • Kartu keluarga
  • Mengikuti dan lulus TPKS

Jadi, cukup banyak bukan peluang untuk kuliah meskipun kita terkendala biaya? Sebentar lagi adalah musim pendaftaran, jadi segera rencanakan perkuliahanmu dari sekarang. Jangan pandang miring mahasiswa yang menerima beasiswa. Kenapa? Karena ini justru sebagai pemantik agar kamu lebih bersemangat untuk terus berprestasi. Buktikan pada orang sekitarmu khususnya kedua orang tuamu bahwa kamu sebagai mahasiswa penerima beasiswa mampu berkarya bahkan lebih baik dari mahasiswa biasa.

So, segera daftar ke BINUS @Malang dan rencanakan kuliah luar biasamu di sini!

The post Catat! Beasiswa Unggulan di Tahun 2024, Berikut Daftarnya appeared first on BINUS UNIVERSITY MALANG | Pilihan Universitas Terbaik di Malang.