NEWS

10 Universitas Jurusan Informatika Terbaik Di Indonesia Menurut Edurank

By BINUS Malang • 20 days 22 hours ago

10 Universitas Jurusan Informatika Terbaik Di Indonesia Menurut Edurank

Jurusan Informatika termasuk jurusan yang dibutuhkan di masa depan sehingga lulusan dari jurusan ini – terutama dari universitas terbaik – akan terus dibutuhkan di dunia kerja hingga 10 tahun ke depan atau bahkan lebih. Hal tersebut diungkapkan oleh WEF (WORLD Economics Forum). Kenapa? Salah satu alasannya karena jurusan ini dianggap turut mengembangkan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence).

Sebagaimana kita ketahui, belakangan AI menjadi salah satu hal yang paling sering dibicarakan. Peran AI juga sangat banyak dan bahkan memudahkan banyak pekerjaan manusia. AI saat ini barulah permulaan dan akan membutuhkan banyak tahun kedepan untuk terus berkembang. Oleh karena itu dibutuhkan lulusan yang kompeten dengan bidang ini. Salah satunya lulusan dari jurusan Teknik Informatika.

Di lain sisi, jurusan Teknik Informatika juga menjadi salah satu jurusan populer di kalangan SMA maupun SMK. Setiap kampus dengan jurusan ini kuotanya pasti selalu penuh. Bagi kamu yang juga tertarik menjadi bagian dari masa depan atau menjadi bagian dari jurusan Teknik Informatika, kamu harus pandai memilih kampus. Kamu harus tahu mana saja perguruan tinggi dengan jurusan Teknik Informatika terbaik.

Nah, di bawah ini adalah peringkat perguruan tinggi dengan jurusan Teknik Informatika terbaik versi Edurank. Sebelumnya perlu diketahui, Edurank melakukan pengukuran dengan didasarkan pada 3 indikator untuk 13 academic fields. Edurank juga menilai jutaan kutipan dan ratusan ribu makalah yang dibuat oleh 75 universitas yang ada di Indonesia. Dari semua itu lantas didapat 10 perguruan tinggi dengan jurusan Teknik Informatika terbaik versi Edurank. Berikut daftarnya:

  1. Universitas Bina Nusantara (BINUS University)

Program studi Teknik Informatika di BINUS telah terakreditasi A dari BAN-PT. Tak hanya menjadi 10 besar versi Edurank, BINUS juga menjadi peraih peringkat ke-78 di kancah global dan ke-9 terbaik se-Asia. Selain itu BINUS juga masuk 10 besar daftar kampus yang lulusannya berhasil mendapatkan pekerjaan. Jadi tak perlu ragu untuk kuliah di BINUS bukan? BINUS juga menerapkan kurikulum Internasional serta menggunakan metode pembelajaran LMS yang tidak terikat dengan waktu dan tempat.

Jurusan Teknik Informatika BINUS mengajarkan banyak hal mulai dari pengetahuan fundamental hingga pengetahuan tingkat lanjut seperti database, algoritma, pengemabngan aplikasi dan sebagainya.

Menariknya bagi kamu yang tidak bisa kuliah karena waktu atau jarak, BINUS memiliki program kuliah online yang bisa dimanfaatkan oleh siapapun.

  1. Telkom University

Telkom University memiliki program studi jenjang sarjana untuk jurusan Informatika. Jurusan inipun meraih peringkat atau ranking yang cukup tinggi yakni ranking ke-97 versi global dan ranking ke-11 se-Asia. Selain itu jurusan ini juga sudah terakreditasi A oleh BAN-PT terhitung mulai tahun 2021 hingga 2026 mendatang.

  1. Universitas Indonesia

UI memiliki fakultas Ilmu Komputer yang didalamnya terdapat jurusan Ilmu Komputer atau Informatika. Jurusan ini meraih ranking yang cukup tinggi yakni 121 secara global dan peringkat ke-13 se-Asia. Peminatan yang ditawarkan dalam program studi ini antara lain teknologi perangkat lunak, komputasi ilmiah, embedded system dan arsitektur.

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Jurusan Teknik Informatika yang ada di ITB tak hanya jenjang sarjana S1, namun juga magister. Untuk program magisternya ada di bidang RPL atau Rekayasa Perangkat Lunak. Perlu diketahui, program studi ini sudah ada semenjak tahun 1982.

ITB merupakan terbaik ke-4 se Indonesia, sedangkan di tingkat global atau internasional ITB mendapatkan peringkat ke 217, dan di tingkat Asia mendapatkan peringkat ke 30.

  1. Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW)

Program studi Teknik Informatika di UKSW berada dibawah naungan Fakultas Teknologi Informasi. Prodi ini memiliki 3 peminatan yakni pengembangan aplikasi perangkat lunak, jaringan komputer serta analisis data.

Edurank menyebutkan jika jurusan Teknik Informatika UKSW selain menjadi terbaik ke-5 di Indonesia mendapatkan peringkat ke-280 di tingkat Internasional dan juga peringkat ke-41 se-Asia.

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Prodi yang bernaung di fakultas teknik ini sudah terakreditasi A dan juga telah mendapatkan akreditasi Internasional yakni ABET dan IABEE. Berdasarkan lembaga pemeringkatan Edurank, UGM mendapatkan peringkat ke 299 secara global dan peringkat ke 44 terbaik se Asia.

  1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Sejak tahun 1985 ITS telah menyelenggarakan perkuliahan dalam bidang ilmu komputer. Kini jurusan Teknik Informatika ITS juga telah mendapatkan akreditasi A oleh BAN-PT. Tak hanya jenjang sarjana, ITS juga membuka kuliah untuk jenjang S2 dan juga S3 untuk bidang yang sama.

Berdasarkan versi Edurank tahun 2023, ITS mendapatkan peringkat ke 304 secara global dan peringkat ke 47 se Asia. Bidang keahlian yang diunggulkan pada prodi ini antara lain game, interaksi dan grafika.

  1. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta

Meskipun prodi ini baru dibuka pada tahun 2002 lalu namun secara global atau Internasional, UIN Syarif Hidayatullah meraih posisi terbaik ke 518 secara global dan terbaik ke 99 se-Asia.

  1. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Fakultas Sains dan Matematika atau FSM merupakan fakultas yang menaungi departemen Informatika UNDIP. Terpaut dua tahun dari UIN Syarif Hidayatullah yakni 13 April 2004, prodi ini berhasil mendapatkan peringkat terbaik ke 528 secara global dan peringkat terbaik ke 101 se-Asia.

  1. Universitas Airlangga (UNAIR)

UNAIR juga masuk dalam 10 peringkat jurusan Teknik Informatika terbaik versi Edurank dan berhasil meraih peringkat ke 612 secara global dan peringkat ke 118 se-Asia.

Di atas merupakan daftar 10 jurusan Teknik Informatika terbaik versi Edurank tahun 2023. Dari ulasan diatas bisa kita ketahui jika BINUS University adalah kampus swasta dengan standar yang tinggi untuk kualitas edukasi terbaik.

Jadi, bagi kamu yang berminat kuliah jurusan Teknik Informatika, kamu bisa gabung ke BINUS. Bagi kamu yang berada di kawasan timur, daftarkan langsung ke BINUS @Malang. Tak perlu khawatir terkait kualitas pendidikan ataupun fasilitas karena semua kampus yang tergabung di BINUS University akan mendapatkan kualitas pendidikan dan fasilitas yang sama.

Jadi jangan ragu, yuk gabung ke BINUS @Malang sekarang juga!

The post 10 Universitas Jurusan Informatika Terbaik Di Indonesia Menurut Edurank appeared first on BINUS UNIVERSITY MALANG | Pilihan Universitas Terbaik di Malang.