ARTICLE

Motion Design: Pengertian, Kegunaan dan Prospek Karir

By Visual Communication Design - BINUS Bandung • 17 days 14 hours ago

 Motion Design: Pengertian, Kegunaan dan Prospek Karir

Perkembangan teknologi yang semakin pesat seperti saat ini membuat banyak muncul berbagai jenis pekerjaan yang modal utamanya adalah skill digital. Salah satu yang cukup populer dan berkembang pesat adalah di bidang motion design atau juga biasa disebut dengan motion grafis. Kondisi ini tentu bisa anda jadikan sebagai salah satu pilihan untuk karir di masa depan, terlebih untuk anda yang tertarik dengan dunia desain.

Tentang Motion Design

Secara singkat, istilah motion design ini merupakan sebuah karya desain grafik yang dianimasikan atau dibuat agar bisa bergerak. Secara umum, pengertian dari istilah ini adalah gabungan media visual antara desain grafis dengan bahasa film. Hal juga melibatkan berbagai elemen seperti ilustrasi, animasi, fotografi, tipografi, 2D, 3D, video hingga musik.

Dalam dunia broadcast, motion design juga disebut motion grafis memiliki peran penting di industri pertelevisian. Misalnya untuk membuat iklan komersil, hiburan, opening sebuah acara dan lain sebagainya. Umumnya, motion grafis ini digunakan untuk berkomunikasi dengan penonton sekaligus memberikan kesan mendalam. Dengan ditambahkan teks singkat serta musik, maka pesan atau makna yang ingin disampaikan bisa diterima dengan baik.

Oleh sebab itu, seorang desainer motion grafis harus bisa memaksimalkan keahlian yang dimiliki agar bisa tercipta karya yang tidak hanya indah, namun juga memorabel bagi para penonton. Secara keseluruhan, motion grafis ini merupakan seni kreatif sekaligus efektif agar tercipta visual yang menarik perhatian dan membuat pesan yang ingin disampaikan semakin kuat hingga menimbulkan efek emosional bagi penontonnya.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Adobe Creative Cloud dan Juga Manfaatnya

Kegunaan Dari Motion Design

Prediksi penggunaan video memang telah diramalkan akan mengalami peningkatan. Video juga dianggap sebagai alat pemasaran yang paling baik untuk mendukung promosi serta mengenalkan sebuah brand. Motion grafis juga memiliki peran cukup besar di sana. Apa saja kegunaan dari motion design ini? Berikut beberapa poin diantaranya.

  1. Konten Media Sosial
    Saat ini kebutuhan konten di media sosial semakin marak dan beragam, terlebih untuk brand. Agar bisa menarik para pengikut atau followers, maka perlu variasi konten mulai dari video, foto hingga animasi. Tidak hanya untuk kebutuhan brand, saat ini beberapa channel berita dan akun-akun resmi yang bersifat kenegaraan juga menggunakan konten yang berbentuk animasi.
    Tujuannya tidak lain agar audien mudah memahami pesan ataupun informasi yang disampaikan. Biasanya, informasi yang rumit dalam bentuk teks panjang akan sulit dicerna dan membuat orang malas mencari tahu isi dari informasi tersebut. Dengan mengubah format teks menjadi bentuk motion design, maka akan lebih efektif, singkat dan mudah dipahami.
  2. Membagikan Informasi
    Jika anda ingin informasi yang dimiliki bisa cepat dipahami oleh para audien, maka cara ini tentu sangat efektif. Dengan mengubah segala informasi dalam bentuk gambar gerak dan ditambah dengan audio serta teks yang sesuai, tentu membuatnya semakin menarik dan enak dipandang. Terpenting, informasi tersebut bisa mudah diterima orang-orang.
  3. Logo
    Logo yang anda miliki juga bisa dibuat menjadi lebih menarik melalui design motion. Jika umumnya logo hanya berbentuk 2D, maka agar lebih unik dan menarik buatlah yang atraktif ke dalam bentuk animasi. Logo yang dibuat bergerak biasanya bisa dipasangkan dengan video sebagai konten supaya terlihat lebih hidup.
  4. Digital Marketing
    Di dunia digital marketing, ada banyak cara yang bisa diambil untuk mempromosikan brand, misalnya dengan sosial media marketing, SEO, SEM dan lain sebagainya. Segala bentuk teknik online marketing tentu bisa menerapkan motion design untuk tujuan promosi atau untuk hal lainnya. 
  5. Film dan video
    Penggunaan motion design saat ini sudah sangat umum dan bisa anda lihat contohnya dari sebuah judul film yang sedang diputar. Tentu saja tujuan penggunaan motion design pada judul ini supaya para penonton bisa takjub sekaligus impresif. Dengan begitu, film tersebut tentu juga menjadi lebih menarik.

Prospek Karir Motion Designer

Biasanya pekerja yang bergelut di bidang kreatif termasuk di dalamnya ada multimedia designer dan animator memiliki peluang berkarir di perusahaan yang memiliki spesialisasi IT, branding atau advertising hingga perusahaan software. Yang lebih menarik dari motion designer ini adalah bisa berkarir tanpa harus masuk ke dalam perusahaan alias menjadi pekerja lepas atau freelancer.

Anda bahkan bisa memulai karir mulai dari sekarang dan membangun brand anda sendiri serta menerima pesanan dari klien. Sekarang sudah ada beberapa website yang bisa membantu anda berkarir di bidang ini seperti Craigslist, Fiverr dan masih banyak lagi.

Salah satu faktor yang mempengaruhi meningkatnya kebutuhan motion designer ini adalah semakin meningkatnya demand untuk jenis pekerjaan yang berkaitan dengan animasi dan visual effects. Mulai dari TV, video game, industri film, iklan dan lain sebagainya.

Teknologi yang semakin berkembang dan seperti sudah tidak bisa dibendung ini membuat kompleksitas dunia film, game dan media yang biasa dikonsumsi juga semakin meningkat. jadi tidak heran, jika semakin banyak perusahaan yang mencari orang dengan keahlian mampu mewujudkan pemikiran kreatif menjadi suatu kenyataan.

Untuk gaji seorang motion designer cukup bervariasi. Hal ini menyesuaikan jenis perusahaan, posisi yang ditempati dan daerah tempat anda bekerja. Namun secara umum, gaji pekerja di bidang motion design untuk level officer berkisar antara 5-6 juta Rupiah per bulan.

Apakah anda mulai tertarik dengan dunia motion desain? Nah, untuk anda yang ingin sukses sebagai motion designer yang profesional dengan penghasilan besar, segera bergabung bersama BINUS @Bandung untuk tingkatkan skill, ilmu serta pengalaman yang luar biasa di bidang tersebut. Daftarkan diri anda melalui link berikut

The post Motion Design: Pengertian, Kegunaan dan Prospek Karir appeared first on BINUS UNIVERSITY BANDUNG - Kampus Teknologi Kreatif.