ARTICLE

Mengenal Apa itu Adobe Creative Cloud dan Juga Manfaatnya

By Computer Science - BINUS Bandung • 17 days 13 hours ago

Source: Logowik.com

 

 

Untuk anda yang ingin berkarir di industri kreatif seperti desain grafis dan membutuhkan kemudahan serta fleksibilitas untuk menyimpan dan mengirim file, maka Adobe Creative Cloud atau juga biasa disebut dengan Adobe CC bisa jadi jawaban yang paling tepat. Pasalnya, sistem Adobe yang satu ini menawarkan berbagai fitur menarik yang bisa meringkas atau menyederhanakan pekerjaan anda.

Tentang Adobe Creative Cloud

Anda yang bekerja pada bidang desain, fotografi, media hingga marketing pasti sudah tidak asing produk yang dikeluarkan Adobe. Mulai dari illustrator untuk menggarap gambar-gambar digital, InDesign untuk membuat sebuah layout design dan Premiere Pro yang biasa digunakan untuk mengedit video. 

Tentunya ketika anda membeli masing-masing aplikasi yang telah disebut ini akan memberatkan finansial bukan? Oleh sebab itu, Adobe CC hadir untuk memudahkan pekerjaan para konten kreator, baik itu pemula maupun profesional dalam mengerjakan pekerjaannya. Yaitu dengan menghadirkan software yang dibutuhkan dengan hanya memakai satu tempat dengan harga yang sudah pasti lebih terjangkau.

Secara ringkas, Adobe CC ini merupakan platform yang di dalamnya telah tersedia berbagai program yang bisa dibayar dengan cara berlangganan terlebih dahulu, baik itu untuk semua program ataupun program tertentu yang lebih spesifik. Biaya yang dikeluarkan juga tergantung dari seberapa banyak aplikasi di Adobe CC yang digunakan. Meski begitu, hitungannya tetap lebih murah jika dibandingkan membeli lisensi aplikasi Adobe melalui per aplikasi.

Sampai saat ini, Adobe CC telah banyak digunakan ribuan hingga jutaan pekerja kreatif dari seluruh belahan dunia. Pastinya, dalam membuat karya yang luar biasa mereka tidak hanya mengandalkan aplikasi ini saja, namun skill kreatif juga pasti dilibatkan. Sebab, dengan bekal skill inilah, apapun aplikasi pendukung yang digunakan pasti hasilnya pasti berkualitas. 

Aplikasi Di Dalam Adobe CC

Aplikasi yang terdapat di dalam Adobe CC ada lebih dari 20 yang semuanya bisa anda gunakan jika berlangganan. Berikut beberapa aplikasi yang tersedia khusus untuk pengguna individu (bukan untuk bisnis).

  1. Photography Plan
    Paket Photography Plan ini terdiri dari beberapa aplikasi seperti Lightroom Classic, Lightroom Plan dan Photoshop, dimana semua aplikasi ini bisa digunakan untuk mengedit foto. Untuk kisaran harga langganan per bulan paket ini adalah Rp 134.000.
  2. Single App
    anda juga bisa mengambil paket Single App atau berlangganan untuk satu aplikasi tertentu saja. Kisaran harga langganan per bulan untuk paket ini adalah sekitar Rp 67.340 hingga Rp 283.300.
  3. All App
    Anda bisa memanfaatkan aplikasi Photoshop, InDesign, Illustrator, After Effect, Premiere Pro, Dreamweaver, XD, Audition dan Acrobat DC. Selain itu, berlangganan All App juga memungkinkan anda untuk bisa mendapat akses dari produk aplikasi Adobe terbaru seperti Adobe Spark, Adobe Portofolio, Adobe XD dan sebagainya.
    Jika anda memilih paket berlangganan All App atau semua aplikasi ini, maka kisaran biaya per bulannya adalah Rp 715.100. Harga ini sepertinya sepadan dengan besarnya penyimpanan yang dimiliki cloud, yaitu mencapai 100 GB.

Manfaat Menggunakan Adobe CC

Ada banyak manfaat positif yang dihadirkan dari Adobe CC ini, khususnya bagi para desainer grafis dan pekerja di industri kreatif lainnya. Adobe CC memang digadang-gadang menjadi solusi terbaik yang bisa memenuhi kebutuhan para penggunanya. Oleh sebab itu, sebaiknya anda memilih aplikasi yang sesuai agar terhindar dari aplikasi bajakan atau versi trial yang biasanya masa percobaan akan berakhir setelah pemakaian seminggu atau satu bulan.

Adobe CC juga menjadi pilihan paling fleksibel serta lebih terjangkau jika dibandingkan harus membeli satu per satu aplikasi Adobe. Tidak sampai di situ, anda juga bisa melakukan sinkronisasi dengan pengguna lainnya secara online. Artinya, anda sudah tidak perlu repot-repot mengunggah data ke cloud karena setiap saat data akan diperbarui otomatis serta dibagikan ke pengguna lainnya lebih dari satu.

Adobe CC juga menawarkan fitur identifikasi font dan real time reviews pada foto, sehingga bisa memudahkan komunikasi anda dengan para klien. Bahkan dengan Adobe CC ini, anda bisa membuat animasi sederhana di InDesign. Dengan semua fitur yang memudahkan, menguntungkan dan terjangkau ini, tentu anda bisa lebih leluasa dalam proses membuat desain.

Keuntungan Menggunakan Adobe CC

Selain memberikan manfaat yang sangat baik, keuntungan menggunakan Adobe CC ini juga luar biasa. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan diantaranya.

  1. Mudah Diinstal dan Upgrade ke Versi Terbaru
    Pada versi sebelumnya, setiap upgrade ke versi terbaru harus melalui proses instal ulang, maka untuk versi Adobe CC ini, anda cukup membeli lisensi yang resmi dari Adobe. Anda juga bisa mengatur siapa saja pihak yang bisa memakainya. Nantinya setiap pengguna akan mendapat email verifikasi untuk bisa masuk ke dalam Adobe Console.
  2. Menawarkan Fitur Revoke Lisensi
    Lisensi seumur hidup akan menimbulkan sedikit masalah jika karyawan anda keluar dari pekerjaannya dan bekerja menggunakan laptop pribadi. Sebab meski karyawan tersebut sudah keluar, lisensi masih terdapat pada komputer yang digunakan. Maka untuk mengatasi masalah ini, Adobe memberikan fitur revoke yang bisa mencabut lisensi saat karyawan sudah tidak lagi aktif bekerja.

Adobe Creative Cloud memang hadir untuk memudahkan para pekerja kreatif. Meski begitu, mengasah skill adalah tetap menjadi faktor utama. Yuk, asah skill dan tambah keilmuan anda agar bisa bersaing kerja di industri kreatif bersama BINUS @Bandung. 

Daftarkan diri anda melalui link berikut

The post Mengenal Apa itu Adobe Creative Cloud dan Juga Manfaatnya appeared first on BINUS UNIVERSITY BANDUNG - Kampus Teknologi Kreatif.