ARTICLE

Data Security: Pengertian, Jenis Serta Kegunaanya untuk Keamanan Data

By Computer Science - BINUS Bandung • 17 days 13 hours ago

Data security

Data security atau keamanan data merupakan sebuah sistem keamanan yang memang dibutuhkan untuk melindungi data yang terdapat di dalam jaringan, sistem atau komponen digital lainnya. Keamanan ini bisa melindungi data agar terhindar dari kejahatan siber (cyber crime) yang saat ini juga semakin marak dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Bagi pemilik usaha atau bisnis ritel, paham tentang keamanan data ini sangat penting untuk menjaga keberlangsungan bisnis yang dijalankan. Dengan begitu, data yang dimiliki bisa tetap aman dari kerusakan maupun akses yang tidak sah dari pihak yang tidak berkepentingan yang mungkin ingin mengubah data tersebut.

Jenis-Jenis Data Security

Bagi perusahaan, data adalah aset yang sangat berharga. Operasional hingga finansial perusahaan bisa kacau apabila data milik bisnis maupun konsumen mengalami kebocoran atau dicuri. Tentu hal ini sangat merugikan karena bisa mengancam keberlangsungan bisnis. Oleh sebab itu, perusahaan harus menerapkan keamanan data ini dengan benar.

Dalam praktiknya, keamanan data ini terbagi menjadi beberapa jenis yang masing-masing memiliki metode kerja yang berbeda.

  1. Enkripsi (Encryption)
    Enkripsi atau data encryption merupakan metode pengamanan data melalui algoritma yang mengubah data menjadi sebuah format yang tidak akan terbaca oleh yang tidak memiliki wewenang. Hanya pengguna yang berwenang dengan kata kunci sesuai saja yang bisa membuka maupun mengakses informasi tersebut. Teknik ini bisa dibilang cukup efektif melindungi data penting selama pengiriman maupun penyimpanan.
  2. Autentikasi (Authentication)
    Teknik keamanan data ini digunakan untuk memastikan bahwa pihak yang mengakses data atau sistem adalah yang memiliki wewenang dan kredensialnya memang telah tercatat dalam database sistem tersebut. Praktik dari teknik ini mencakup beberapa hal seperti wajib memasukkan nomor PIN, sandi, biometrik, kartu gesek  dan token keamanan.
  3. Kontrol Akses (Access Control)
    Cara kerja jenis pengamanan data ini adalah dengan membatasi akses baik secara fisik maupun digital yang menuju ke sistem, jaringan hingga data penting. Proses ini hanya akan memberi izin akses kepada pihak yang berwenang saja. Dengan kontrol akses, anda bisa menentukan siapa saja yang bisa mengakses data dan sistem sekaligus membatasi akses yang mereka inginkan.
  4. Pencadangan dan Pemulihan (Backup and Recovery)
    Ini merupakan jenis pengamanan yang wajib dilakukan. Sebab jika terjadi kegagalan sistem, kerusakan, bencana atau kebocoran data, anda masih bisa memulihkan data dan mengakses sekaligus menggunakan data secara normal. Oleh sebab itu, sangat penting bagi anda untuk membuat pencadangan serta pemulihan data secara berkala di tempat yang terpisah seperti halnya cloud.
  5. Firewall
    Pertahanan utama dalam melawan cyber crime adalah firewall yang merupakan sistem pengamanan yang biasanya digunakan untuk memantau sekaligus melindungi jaringan komputer dari serangan dari luar. Cara kerja pengamanan data firewall ini adalah dengan memblokir akses yang mencurigakan yang sudah melalui proses analisa data yang masuk sekaligus mengidentifikasi aktivitas yang dilakukan.
  6. Endpoint Protection
    Endpoint protection ini umum digunakan untuk melindungi perangkat akhir seperti smartphone dan komputer dari cyber crime. Pengamanan data jenis ini berupa perangkat lunak antivirus sekaligus perlindungan terhadap malware yang akan memantau dan mendeteksi tanda-tanda serangan siber. Dengan memastikan keamanan pada perangkat akhir ini, maka semua titik akses menuju jaringan anda bisa dikatakan aman dari ancaman cyber crime yang berbahaya.
  7. Penghapusan Data
    Menghapus data yang sudah tidak dibutuhkan harus dilakukan dengan benar dan teratur. Penghapusan data (data eraser) merupakan jenis pengamanan data yang dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak dalam melakukan overwrite di perangkat penyimpanan supaya tidak bisa dipulihkan lagi.

Kegunaan Menggunakan Keamanan Data 

Kegunaan utama menerapkan pengamanan data ini tentu untuk melindungi data, baik itu data milik perusahaan dan konsumen. Selain itu, ternyata masih ada beberapa kegunaan lain yang bisa dirasakan dampak baiknya bagi pelaku usaha. Berikut adalah diantaranya.

  1. Mencegah Serangan Siber
    Seperti yang sudah banyak disinggung di atas, pengamanan data digunakan untuk melindungi data dari serangan siber yang bisa mengganggu aktivitas operasional perusahaan. Dengan menerapkan pengamanan yang benar, maka berbagai risiko bisa ditanggulangi dengan baik.
  2. Melindungi Data
    Kegunaan paling utama dari pengamanan data ini data milik perusahaan maupun konsumen bisa terlindung dari serangan siber maupun jenis kejahatan lain. Dengan adanya keamanan data ini, maka berbagai ancaman serta risiko digital lainnya yang mengintai bisa diatasi ataupun dihindari dengan baik.
  3. Menjaga Produktivitas Perusahaan
    Saat serangan siber menyerang, aktivitas operasional perusahaan biasanya juga ikut terganggu. Tapi jika perusahaan sudah menerapkan pengamanan data dengan benar, maka risiko ini bisa ditangani dengan baik. Anda menjadi mengerti hal apa yang perlu dilakukan saat terjadi serangan siber, sehingga aktivitas perusahaan bisa tetap berjalan normal.
  4. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan
    Tentu saja pelanggan akan lebih percaya terhadap perusahaan yang bisa menjaga data konsumen dengan baik. Dengan begitu, citra perusahaan serta kepercayaan konsumen pada perusahaan bisa meningkat dan dapat melanjutkan bisnis jangka panjang dengan anda.

Strategi data security yang baik harus menentukan beberapa hal. Diantaranya, data apa saja yang perlu dicadangkan, bagaimana data dipulihkan saat terjadi kegagalan serta media penyimpanan seperti apa yang perlu digunakan.

Untuk bisa menerapkan pengamanan dengan baik dan benar, maka anda perlu mempelajari ilmu cyber security lebih dalam di BINUS @Bandung. Dengan begitu, ketika anda bekerja diharapkan bisa maksimal dalam melindungi data perusahaan dari ancaman canggih berbasis teknologi serta bisa lebih cepat mendeteksi ancaman dalam bentuk apapun. Tunggu apa lagi, segera daftarkan diri anda di sini

The post Data Security: Pengertian, Jenis Serta Kegunaanya untuk Keamanan Data appeared first on BINUS UNIVERSITY BANDUNG - Kampus Teknologi Kreatif.