ARTICLE

Creativepreneurship Jurusan Pertama yang Hadir Di Indonesia Ada di BINUS @Bandung

By Creativepreneurship - BINUS Bandung • February 6, 2024

Creativepreneurship Jurusan Pertama yang Hadir Di Indonesia Ada di BINUS @Bandung

Perkembangan teknologi dan arus digitalisasi saat ini semakin meningkat tajam dan membuat segala bidang juga terkena dampak. Tidak heran jika kemudian sosok Creativepreneurship saat ini memiliki peran penting dan sangat dibutuhkan. Menjadi creativepreneurship sendiri juga tidak mudah, namun jika kamu ingin mendalami disiplin ilmunya, maka kampus Creativepreneurship Bandung (BINUS) bisa jadi pilihan tepat.

BINUS @Bandung sangat direkomendasikan buat kamu yang membutuhkan tempat belajar dengan fasilitas terbaik. Di sini kamu akan belajar dengan dosen-dosen terbaik agar bisa selalu berkembang dan berinovasi di masa mendatang, khususnya saat sudah terjun ke dunia kerja.

Mengenal Apa Itu Creativepreneurship

Istilah creativepreneurship sendiri sebenarnya terdiri dari dua suku kata, yaitu ‘creative’ yang berarti kreatif dan ‘entrepreneurship’ yang berarti kewirausahaan. Sementara arti creativepreneurship adalah sebuah kemampuan dalam menciptakan kewirausahaan yang kreatif serta inovatif dan orang yang mempelajari ini disebut creativepreneur.

Jika memutuskan ingin menjadi creativepreneur, maka kamu harus bisa memulai melakukan pengembangan pada beberapa aspek yang ada pada dirimu. Hal ini penting dilakukan supaya kamu bisa menjadi pebisnis kreatif yang terus berinovasi dan berkembang. Beberapa aspek yang dibutuhkan di sini antara lain adalah berjiwa kompetitif, berimajinasi dan berinovatif, tahan kritikan, tidak takut risiko dan jujur.

Untuk bisa memunculkan semua aspek ini tidaklah mudah dan juga tidak bisa datang begitu saja, namun tetap bisa diraih melalui proses belajar yang panjang. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjadi mahasiswa jurusan creativepreneurship di BINUS @Bandung yang juga menjadi yang pertama kali hadir di Indonesia.

Tips Menjadi Seorang Creativepreneurship Sejati

Bagi kamu yang menyukai dunia bisnis dan kreativitas, kampus Creativepreneurship Bandung sepertinya cocok untuk diambil. Nah, agar semakin matang mengelola bisnis kreatif, kamu juga perlu memperhatikan beberapa karakteristik berikut ini.

  1. Menggali Passion Dalam Diri
    Sebelum mulai memikirkan ide dan strategi apa yang menarik, cobalah untuk menggali passion dalam diri. Ini sangat penting dilakukan agar kamu bisa mengetahui serta menyesuaikan inovasi apa yang ingin dibuat berdasarkan keterampilan yang dimiliki.
  2. Menumbuhkan Jiwa Berani
    Belajar menumbuhkan jiwa berani juga dibutuhkan saat menjadi creativepreneurship agar tidak timbul keraguan atau rasa takut saat mulai terjun di dalam dunia bisnis kreatif. Sikap pemberani tidak hanya dibutuhkan di langkah awal saja, namun juga keberanian dalam menghadapi kegagalan yang bisa terjadi di masa mendatang.
  3. Berjiwa Kompetitif
    Dalam bisnis, persaingan sudah pasti menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi. Oleh sebab itu, berjiwa kompetitif bagi seorang creativepreneur harus ditumbuhkan agar mampu bersaing dengan para kompetitor bisnis. Tentu saja persaingan harus dilakukan secara sehat melalui berbagai inovasi yang dilakukan agar bisnis bisa bertahan dan berkembang.
  4. Hobi Berimajinasi
    Untuk karakteristik yang keempat ini mungkin akan membuat kamu bingung, kenapa harus hobi berimajinasi. Padahal menjadi seorang creativepreneurship memang seperti diharuskan gemar berimajinasi. Hal ini biasanya dilakukan untuk membayangkan suatu hal baru, sehingga tercipta produk baru yang berbeda dan kaya inovasi.
  5. Pantang Menyerah
    Pantang menyerah juga karakteristik yang harus dimiliki seorang creativepreneur lainnya adalah sikap pantang menyerah. Apapun yang kamu lakukan sebaiknya dilakukan dengan sungguh-sungguh yang penuh kegigihan. Memang proses membangun bisnis kreatif tidaklah mudah. pasti akan menjumpai lika liku dan tantangan yang juga cukup banyak menyita waktu dalam menyelesaikannya. Dengan sikap pantang menyerah, maka semua ini bisa dilewati.
  6.  Suka Berinovasi
    Tentu saja rajin berinovasi penting di dunia creativepreneurship. Inovasi perlu dilakukan supaya kualitas produk yang lama menjadi baru, sehingga para konsumen tidak merasa bosan dengan jenis produk yang itu-itu saja. Inovasi ini bisa dengan melakukan riset mendalam, sehingga bisnis kreatif kamu menjadi lebih mudah diingat konsumen.

Tujuan Creativepreneurship

Menjalankan usaha pasti perlu melalui tahap perencanaan dan juga memiliki tujuan yang jelas. Berikut adalah beberapa tujuan creativepreneurship diantaranya.

  1. Mendukung Usaha Kecil
    Sebuah kegiatan creativepreneurship pasti juga melibatkan melibatkan banyak pihak agar usaha bisa berjalan sesuai yang diharapkan. Keterlibatan sumber daya manusia (SDM) ini kemudian mendapat pengakuan, baik secara langsung atau tidak, maka akan terbentuk karakter baru sebagai pengusaha.
    Dampak covid yang melanda beberapa waktu lalu juga membuat beberapa sektor ekonomi tersendat bahkan tidak sedikit yang kemudian gulung tikar. Oleh sebab itu, di masa pemulihan seperti saat ini yang dibutuhkan adalah para pelaku creativepreneurship yang berpihak pada ekonomi kerakyatan. Jika hal ini mendapat dukungan penuh, maka perekonomian rakyat juga akan ikut terbantu.
  2. Kesejahteraan masyarakat
    Serupa dengan poin pertama, akibat dari pandemi, perekonomian menjadi lesu sehingga angka kemiskinan masyarakat juga meningkat. Namun dengan dukungan dari kegiatan ekonomi yang berjalan melalui creativepreneurship tersebut diharapkan bisa memberikan dorongan bagi perekonomian nasional dan angka kemiskinan juga bisa berkurang.
  3. Menumbuhkan Semangat Untuk Terus Berinovasi
    Tujuan dari creativepreneurship selanjutnya adalah untuk menumbuhkan semangat agar terus melakukan inovasi. Dengan begitu, usaha yang dijalankan bisa terus bertahan dan berkembang karena terus mengikuti arus zaman.

Ada banyak creativepreneur menjalankan sebuah bisnis yang didasari dari kesukaan. Ia kemudian merubah apa yang disukainya menjadi pekerjaan yang pasti sangat menyenangkan saat menjalankannya.

Creativepreneurship  di BINUS @ Bandung bisa kamu ambil dan menjadikannya sebagai jembatan untuk meraih sukses di masa depan. Tunggu apa lagi, segera dapatkan disiplin ilmunya hanya di kampus Creativepreneurship Bandung dengan membuka  Link Pendaftaran  untuk informasi selengkapnya.

The post Creativepreneurship Jurusan Pertama yang Hadir Di Indonesia Ada di BINUS @Bandung appeared first on BINUS UNIVERSITY BANDUNG - Kampus Teknologi Kreatif.