ARTICLE

Artificial Intelligence: Pengertian, Cara Kerja dan Manfaatnya

By Computer Science - BINUS Bandung • February 6, 2024

Artificial Intelligence: Pengertian, Cara Kerja dan Manfaatnya

Saat ini Artificial Intelligence (AI) telah banyak diterapkan dan memang menjadi terobosan baru untuk berbagai hal dalam kehidupan manusia sehari-hari. Pada jenis pekerjaan tertentu, AI dianggap lebih cepat membantu menyelesaikan pekerjaan tersebut. Seperti halnya ChatGPT yang memiliki jumlah penggunaan sangat tinggi hanya dalam kurun waktu yang sangat singkat.

Pasti anda juga dapat merasakan, saat ini semakin banyak saja jenis pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh manusia kemudian digantikan oleh robot. Meski memang bisa membantu meningkatkan produktivitas layanan, namun di lain sisi, keberadaan AI dinilai bisa memberi pengaruh negatif terhadap pekerja di masa depan.

Tentang AI

Konsep AI ini sebenarnya telah diperkenalkan oleh seorang ilmuwan komputer bernama Profesor John McCarthy. Kemampuan yang dihasilkan AI ini sebenarnya merupakan kombinasi dari sistem algoritma dengan berbagai teknik. Seperti deep learning, machine learning dan natural language processing.

Artificial Intelligence adalah simulasi kecerdasan manusia yang dibantu dengan menggunakan teknologi. Sejauh ini AI masih tidak sepandai manusia sehingga pengoperasiannya tetap menggunakan otak manusia. Meski begitu, kecerdasan buatan atau AI yang ini banyak membantu manusia dalam menyelesaikan berbagai tugas.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Adobe Creative Cloud dan Juga Manfaatnya

Jenis AI Berdasarkan Kemampuan

Hampir semua orang di dunia ini sudah merasakan berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh teknologi AI. Sebab pada smartphone yang banyak beredar saat ini juga sudah menerapkan teknologi AI. Berdasarkan kemampuannya, jenis AI yang banyak digunakan ada dua jenis, yaitu.

  1. Strong AI
    Strong AI adalah sistem kecerdasan buatan yang memiliki kelebihan berupa kemampuan intelektual layaknya manusia. Mulai dari pemecahan masalah, pemahaman bahasa hingga pembuatan keputusan layaknya manusia melalui pertimbangan data-data yang sudah terkumpul.
    Jenis AI ini juga masih terus diteliti dan dikembangkan dan sebenarnya belum bisa dikatakan benar-benar strong AI. Namun beberapa peneliti menilai, bahwa strong AI bisa diwujudkan segera.
  2. Weak AI
    Weak AI memiliki kemampuan terbatas, namun juga bisa melakukan tugas tertentu. Seperti pengambilan keputusan dan pemahaman bahasa. Untuk AI jenis ini umum digunakan untuk kebutuhan aplikasi praktis seperti misalnya sebagai asisten virtual.

Cara Kerja AI

Cara kerja AI secara umum adalah dengan menggabungkan kumpulan data dengan ilmu komputer. Selanjutnya, AI akan menyerap sejumlah data lalu menganalisanya untuk mengidentifikasikan pengenalan pola.

Sementara untuk sistem kerjanya, AI membutuhkan dasar perangkat lunak maupun keras untuk melatih dan menulis algoritma pembelajaran mesin atau machine learning. Model belajar AI ini berdasarkan keterampilan kognitif, seperti penalaran, pembelajaran dan koreksi diri.

Manfaat AI

AI memang teknologi yang sengaja dikembangkan untuk bisa melakukan berbagai jenis pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh manusia dan memiliki kemampuan untuk belajar hingga berpikir. Pada perkembangannya, AI rupanya bisa berpikir layaknya manusia sehingga membuatnya juga bisa meniru perilaku manusia. 

Berikut adalah beberapa manfaat AI yang bisa bisa dirasakan.

  1. Bisa Beroperasi Tanpa Henti
    Jika dibandingkan dengan manusia yang hanya mampu bekerja selama 4-8 jam per hari, maka AI bisa melakukan pekerjaan dengan waktu yang lebih lama, yaitu 24 x 7 tanpa henti. Berbeda dengan manusia yang membutuhkan istirahat  atau menyegarkan pikiran agar bisa bekerja dengan baik kembali, AI tidak butuh istirahat dan tidak akan merasa penat seperti manusia.
  2. Mengurangi Risiko Kesalahan yang Dibuat Manusia
    Kesalahan manusia (human error) adalah istilah yang muncul karena manusia sering melakukan kesalahan ketika bekerja. Sementara program komputer yang telah melibatkan AI dengan benar ini pasti tidak mungkin akan melakukan kesalahan. Tingkat akurasi yang sangat tinggi inilah yang membuat AI bisa mengurangi risiko kesalahan yang dibuat manusia saat bekerja.
  3. Mengambil Keputusan Dalam Waktu Singkat
    AI adalah teknologi yang bisa mengambil keputusan dan tindakan jauh lebih cepat dibanding manusia. Saat akan mengambil keputusan, manusia akan mempertimbangkan banyak faktor, baik itu secara praktis dan emosional. Berbeda dengan AI yang bekerja berdasarkan program yang sudah diatur sehingga bisa menampilkan hasil dengan sangat cepat.
  4. Membantu Pekerjaan yang Berulang
    Beberapa jenis pekerjaan ada yang harus dikerjakan berulang-ulang, seperti memverifikasi dokumen, mengirimkan ucapan terima kasih dan lain sebagainya. Melalui teknologi AI, pekerjaan ini bisa dilakukan otomatis sehingga manusia bisa bekerja dengan lebih produktif tanpa merasakan bosan dari pekerjaan yang berulang-ulang ini.
  5. Membantu Aktivitas Manusia Sehari-Hari
    AI juga memberikan banyak manfaat di dalam kehidupan manusia sehari-hari. Misalnya untuk mencari lokasi, melakukan panggilan, melakukan foto (selfie), membalas email dan masih banyak lagi.

Contoh AI yang Sering Digunakan

 Setelah mengetahui beberapa manfaatnya, berikut adalah beberapa contoh AI yang tanpa disadari sudah sering anda gunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Berikut adalah beberapa diantaranya.

  1. Media Sosial
    Dalam penggunaannya, media sosial juga sudah menerapkan kecerdasan buatan. Saat anda membuka platform medsos, pasti akan muncul berita dan informasi paling baru. Hal ini tidak bisa dilakukan jika tidak melibatkan AI.
  2. Mesin Pencari
    Mesin pencari (search engine) adalah contoh AI yang paling banyak digunakan. Dengan menggunakan kata kunci tertentu, maka algoritma pada mesin pencari ini akan dibantu oleh AI sehingga bisa memunculkan segala informasi yang berkaitan dengan kata kunci yang dimasukkan tersebut.
  3. Face ID
    Beberapa smartphone memiliki fitur Face ID atau identifikasi wajah sebagai keamanan perangkat. Hal ini tentu ada peran AI di dalamnya sehingga tidak akan melakukan kesalahan saat mendeteksi.

Perputaran dunia yang semakin berkembang menuju ke arah digital membuat pebisnis di era ini juga perlu menerapkan Artificial Intelligence. Yuk, persiapkan diri untuk memenuhi kebutuhan bisnis di masa depan dengan mempelajariArtificial Intelligence di BINUS UNIVERSITY. 

Segera daftarkan diri anda di sini

The post Artificial Intelligence: Pengertian, Cara Kerja dan Manfaatnya appeared first on BINUS UNIVERSITY BANDUNG - Kampus Teknologi Kreatif.