ARTICLE

10 Ide Keren untuk Social Media Design Bagi Pemula

By Creativepreneurship - BINUS Bandung • 17 days 13 hours ago

Ide Keren untuk Social Media Design Bagi Pemula

Meningkatnya pengguna platform media sosial beberapa tahun belakangan ini ternyata menyebabkan perubahan yang cukup signifikan terkait bagaimana cara influencer berkomunikasi dengan audiens mereka. Di sinilah peran social media design sangat penting, baik itu untuk pebisnis, artis, atlet hingga politisi yang menggunakan platform seperti Instagram, Facebook dan Twitter.

Keberadaan media sosial sendiri memang memudahkan banyak orang dalam memberikan ide baru, mempromosikan merek atau menjual produk. Khusus publik figur, keberadaan media sosial ini tentu bisa dimanfaatkan untuk menambah pengikut dengan membuat konten viral  yang nantinya tidak terkenal di negara sendiri, namun hingga di seluruh penjuru dunia.

Tips Membuat Desain Media sosial Keren

Membuat desain media sosial sebenarnya bisa dengan menggunakan bantuan jasa, namun jika anda ingin membuatnya sendiri sebenarnya juga tetap bisa keren. Berikut ada beberapa tips dalam membuat konten atau postingan di media sosial supaya viral hingga meningkatkan penjualan. 

  1. Warna yang Sesuai
    Pemilihan warna untuk konten di media sosial rupanya tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebab, pemilihan warna tertentu bisa mempengaruhi mood hingga psikologis seseorang yang melihatnya. Saat seseorang tidak berniat membeli suatu produk yang dia lihat di media sosial, namun melihat postingan yang menarik milik anda, besar kemungkinan orang tersebut akan membeli produk yang ada di postingan anda tersebut.
  2. Menambah Background dan Gambar
    Postingan terasa tidak menarik jika hanya menggunakan background dan teks dalam konten yang anda posting. Terlebih jika tujuannya untuk berjualan sebuah produk tertentu. Oleh sebab itu, sebaiknya tambahkan gambar yang sesuai dengan produk atau jasa yang anda tawarkan agar bisa lebih menarik perhatian audiens. Pastikan gambar dan background yang digunakan kontras alias warnanya berlawanan.
  3. Font Sesuai
    Selain warna, jenis font juga sebaiknya dipikirkan dengan baik. Jika anda memiliki produk yang ingin ditawarkan, maka sebaiknya memilih font yang sesuai dengan produk tersebut. Misalnya, jika produk yang anda tawarkan menyasar pada wanita, maka sebaiknya menggunakan font yang lebih kalem. Begitu pula sebaliknya, jika produk tersebut menyasar kaum pria, maka pilihlah font yang memiliki bentuk tegas.
  4. Gunakan Layout Secara Konsisten
    Jika anda ingin mengunggah postingan lebih dari satu, sebaiknya menggunakan layout yang konsisten. Yang terpenting, layout yang digunakan harus sesuai dengan konsep dan tema produk yang ditawarkan.

Baca Juga: Contoh Desain Komunikasi Visual yang Perlu Kamu Ketahui

10 Ide Keren Social Media Design Untuk Bisnis

Untuk anda yang memiliki bisnis, membuat konten dengan visual menarik bisa menjadi salah satu daya pikat yang bisa menaikkan trafik dan menjalin hubungan lebih dekat dengan para audien. Untuk membantu anda, berikut ada 10 ide menarik konten digital bagi pebisnis pemula yang bisa dicoba. 

  1. Konten Video
    Sudah bukan rahasia, jika konten video adalah yang paling populer untuk semua jenis platform media sosial. Oleh sebab itu, sebaiknya anda membuat postingan video yang inspiratif, informatif serta menghibur yang berhubungan dengan bisnis anda. pastikan juga untuk mengoptimalkan video supaya tetap sesuai dengan platform media sosial yang anda gunakan.
  2. Ulasan Terkait Produk dan Layanan
    Membuat postingan tentang penilaian atau review orang terkait produk anda tentu bisa meningkatkan kepercayaan dan ketertarikan konsumen. Hal ini bisa dilakukan dengan meminta pelanggan setia untuk membuat ulasan yang positif terkait pengalaman mereka menggunakan produk anda.
  3. Infografis yang Informatif
    Infografis memang menjadi cara yang paling efektif dalam menyampaikan informasi secara visual serta sangat mudah dipahami. Oleh sebab itu, buatlah infografis yang sesuai dengan target bisnis yang juga menyertakan data serta statistik paling baru. Hal ini juga bisa meningkatkan kepercayaan terhadap konten digital yang anda buat. Pastikan anda membuat infografis yang menarik dan mudah dipahami.
  4. Kompetisi (Giveaway)
    Kompetisi atau giveaway ini merupakan cara agar pengguna media sosial bisa ikut terlibat. Sebuah brand bisa membuat kontes yang berbasis foto, caption ataupun memberi hadiah kepada audiens yang ikut berpartisipasi dengan acara giveaway tersebut. Sebaiknya, hadiah yang diberikan juga sesuai dengan harapan para pengikut tersebut.
  5. Konten Inspiratif
    Sudah sering didengar, bahwa pembangunan bisnis kerap terinspirasi dari kisah atau motivasi dari orang lain. Cobalah untuk membagikan kisah inspiratif anda dari mulai bagaimana bisnis dikembangkan, tantangan yang dihadapi serta cara berhasil dan bertahan hingga saat ini. 
  6. Konten Edukasi
    anda juga bisa membuat konten edukasi terkait pengetahuan atau wawasan yang anda miliki kepada para audiens. Buatlah blog, artikel atau infografis mengenai tips atau trik hingga panduan dalam berbisnis. Pastikan konten tersebut dibuat dengan bahasa yang mudah dipahami pembaca.
  7. Konten Berbasis Tren
    Anda juga bisa mengamati tren yang sedang berlangsung saat ini sebelum membuat konten. Sebab, hal ini bisa membantu bisnis anda tetap up to date sehingga menarik minat para audiens untuk mencari informasi lebih banyak terkait tren tersebut.
  8. Pertanyaan dan Diskusi
    Membuat sesi diskusi juga bisa mempererat interaksi dengan audiens. Anda bisa mengajukan pertanyaan terkait industri dan beri kesempatan kepada mereka untuk memberikan pendapat atau pandangan mereka terkait hal tersebut. Jangan lupa untuk menanggapi mereka agar terbangun diskusi yang berkelanjutan.
  9. Konten User Generated (Pengguna)
    Manfaatkan konten yang dihasilkan pengguna adalah salah satu cara efektif agar audiens bisa terhubung dengan bisnis anda.
  10. Konten Di Balik Layar (Behind The Scene Content)
    Biasanya audiens sangat tertarik dengan kegiatan di balik layar dari sebuah bisnis. Cobalah untuk berbagi foto atau video saat proses produksi, momen menarik di kantor atau ketika tim sedang bekerja agar bisa menambah wawasan para pengikut anda. 

Membuat konten social media design yang menarik sangat penting untuk strategi pemasaran digital. Memang tidak ada sesuatu yang bersifat instan atau mendapat hal bagus dalam waktu semalam, namun beberapa tips dan ide di atas tidak ada salahnya untuk dicoba. Tapi buat kamu yang ingin menjadi desainer profesional di masa depan, yuk tambah ilmunya di BINUS @Bandung.  Segera daftarkan diri anda di sini.

The post 10 Ide Keren untuk Social Media Design Bagi Pemula appeared first on BINUS UNIVERSITY BANDUNG - Kampus Teknologi Kreatif.