ARTICLE

Prospek Kerja Desain Visual Komunikasi: Jenis Pekerjaan, Jenjang Karir dan Besaran Gaji

By Visual Communication Design - BINUS Bandung • October 4, 2023

Prospek Kerja Desain Visual Komunikasi: Jenis Pekerjaan, Jenjang karir dan Besaran Gaji

Prospek Kerja Desain Visual Komunikasi_ Jenis Pekerjaan, Jenjang Karir dan Besaran Gaji

Salah satu jurusan yang cukup diminati anak muda sekarang ini adalah jurusan desain visual komunikasi. Jurusan ini merupakan jurusan yang mempelajari desain menggunakan pendekatan komunikasi visual dan begitu diminati karena prospek kerja yang luas. Namun tak hanya itu, selain prospek kerja desain visual komunikasi yang cukup menjanjikan bahkan hingga 20 tahun kedepan, besaran gaji yang didapat juga cukup lumayan lho

Ingin tahu apa saja prospek kerja desain visual komunikasi? Simak ulasannya dibawah ini: 

Prospek Kerja Desain Visual Komunikasi

Bagi kamu yang suka berurusan dengan desain, maka jurusan ini sangat cocok untukmu. Berikut beberapa prospek kerja beserta kisaran gaji yang akan kamu dapatkan. 

1. Web Designer

Peran atau tugas seorang web designer adalah merancang layout secara visual dengan menyalurkan ide kreatif di setiap elemen website seperti pemilihan huruf, warna gambar dan sebagainya.
Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak perusahaan besar yang membutuhkan seorang web designer untuk mengisi posisi dalam perusahaan miliknya. Meski begitu, kamu akan lebih banyak menemukan web designer yang bekerja secara freelance.
Rentang gaji untuk seorang web designer cukup tinggi yakni mulai 5 juta untuk pemula hingga 20 jutaan untuk mereka yang berpengalaman. 

2. Visual Designer

Seorang yang bekerja sebagai visual designer memiliki tugas dan tanggung jawab seperti web designer. Namun cakupannya lebih luas yang tak hanya terbatas pada halaman website saja. Atau lebih tepatnya, pekerjaan ini merupakan campuran antara UI designer dan graphic designer. Sehingga bisa disimpulkan jika fokus utama dari visual designer yakni estetika situs web juga berbagai desain digital lainnya.
Masalah gaji cukup bervariasi tergantung dimana tempatnya bekerja. Meski begitu biasanya seorang visual designer digaji minimal 3 juta Rupiah. 

Baca Juga: Prospek Kerja Desain Visual Komunikasi: Jenis Pekerjaan, Jenjang Karir dan Besaran Gaji

3. Graphic Designer

Dalam pekerjaan ini kamu dituntut untuk mampu menciptakan ilustrasi, fotografi, tipografi, ataupun grafis motion untuk media elektronik ataupun media cetak. Intinya seorang graphic designer memiliki tanggung jawab atas tampilan suatu produk yang digunakan untuk promosi.
Gaji seorang graphic designer berbeda-beda. Ada yang dibayar perjam, bulanan atau per job yang selesai. Meski begitu rata-rata pendapatan seorang graphic designer yakni 4 juta Rupiah. 

4. UI Designer

Pekerjaan ini membutuhkan skill desain yang tinggi dan jurusan desain visual komunikasi memiliki kualifikasinya. UI designer bertugas mempercantik penampilan UI sebuah produk digital. Seorang UI designer dituntut tak hanya mempercantik sebuah produk digital, namun juga harus membuatnya lebih mudah digunakan. Untuk itu UI designer memiliki perhatian lebih pada layout, tombol, tipografi, warna, hingga animasi.
Dalam sebuah perusahaan 

5. Illustrator

Sekarang pekerjaan sebagai seorang illustrator cukup banyak diminati. Pekerjaan ini berhubungan dengan industri media dan industri kreatif yang mana membutuhkan keahlian seperti fotografi, menggambar atau ilustrasi digital.
Gaji seorang ilustrator terbilang sangat tinggi. Perbulan bisa mencapai 70 juta Rupiah. Cukup menakjubkan bukan? 

6. Art director

Tugas dan tanggung jawab seorang art director adalah menentukan tata letak atau gaya pada proyek yang dikerjakan. Dalam hal ini seorang art director harus mempertimbangkan berbagai hal mulai dari komposisi, font, warna serta elemen visual lainnya.
Untuk gaji seorang art director bervariasi namun berada pada kisaran 7 juta perbulannya. 

7. Creative director

Pekerjaan sebagai creative director seringkali disamakan dengan art director. Padahal ada perbedaan diantara keduanya. Creative director adalah seorang pimpinan tim kreatif yang didalamnya biasanya ada desainer, copywriter dan videographer. Gaji untuk seorang creative director bervariasi dan berada pada kisaran 4 hingga 7 juta Rupiah setiap bulannya. 

8. Mobile Designer

Seorang mobile designer harus memiliki keahlian untuk menggunakan perangkat serta memiliki fleksibilitas tinggi untuk beradaptasi dengan teknologi baru. Tugasnya membuat desain aplikasi yang mampu tampil apik di semua layar atau kedalaman piksel. Menarik bukan? 

9. Animator

Pekerjaan ini nyatanya tidak hanya menuntutmu untuk membuat gambar. Seorang animator bertugas untuk menciptakan gambar yang membentuk ilusi bergerak ketika ditayangkan. Adapun seorang animator bisa bekerja di berbagai bidang industri seperti iklan, televisi, film, video game, olahraga dan sebagainya.
Bagaimana dengan gajinya? Seorang animator memiliki rata-rata gaji yang cukup tinggi yakni sekitar 4 hingga 8 juta Rupiah perbulan.

10. Social Media Specialist

Lulusan jurusan desain visual komunikasi memiliki bekal ilmu yang mumpuni dalam bidang desain grafis. Nah, hal ini bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai konten di media sosial. Setiap konten didesain sedemikian rupa hingga mampu memperkuat brand atau identitas perusahaan. 

11. Fotografer

Di bangu perkuliahan kamu tak hanya belajar mendesain namun kamu juga akan mendapatkan ilmu terkait dengan fotografi. Mata kuliah ini akan membantumu dalam banyak hal, misalnya pembuatan konten visual untuk dimasukkan dalam media cetak maupun media online.
Adapun kisaran gaji seorang fotografer perbulannya adalah 2,5 juta Rupiah hingga 5 juta Rupiah. 

Diatas adalah beberapa prospek kerja desain visual komunikasi. Beberapa prospek kerja diatas tak hanya bisa ditempuh dengan bergabung dalam sebuah perusahaan namun kamu juga bisa menjadi seorang yang bekerja mandiri seperti entrepreneur atau freelance. Salah satu contohnya adalah Marchelle FP sebagai salah seorang lulusan BINUS yang telah berhasil dengan karyanya yang berjudul “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini”. 

Karyanya tersebut kini menjadi sebuah brand yang mampu menaungi konten digital serta komunitas dari generasi 90an yang rindu untuk bernostalgia dan saling berjejaring. 

Jadi, apakah dalam daftar diatas ada yang merupakan cita-citamu? Jika benar, jangan ragu lagi. Pilihlah jurusan desain visual komunikasi dan raih mimpimu. Kamu bisa memilih BINUS @Bandung sebagai tempat mengenyam bangku perkuliahan. Ingin tahu lebih lanjut? Klik link berikut https://binus.ac.id/bandung/informasibinusbdg23/

The post Prospek Kerja Desain Visual Komunikasi: Jenis Pekerjaan, Jenjang Karir dan Besaran Gaji appeared first on BINUS UNIVERSITY BANDUNG - Kampus Teknologi Kreatif.