ARTICLE

Kuliah Bisnis Development Kreatif : Prospek Kerja, Profesi dan Lulusan Bisnis Development Kreatif

By Creativepreneurship - BINUS Bandung • August 10, 2023

Kuliah Bisnis Development Kreatif : Prospek Kerja, Profesi dan Lulusan Bisnis Development Kreatif

Kuliah bisnis development

Bisnis development kreatif mungkin masih asing terdengar. Namun tahukah kamu bahwa lulusan Bisnis Development Kreatif memiliki prospek karir yang luas dengan besaran gaji yang cukup menggiurkan? Bagi kamu yang suka dengan dunia bisnis dan kamu berada di jenjang akhir SMA atau SMK, simak ulasan tentang kuliah bisnis development kreatif dibawah ini. 

Siapa tahu setelah mengenalnya, kamu akan jatuh cinta dan memutuskan menjadi salah satu mahasiswa yang kuliah bisnis development kreatif. 

Apa yang dipelajari di kuliah bisnis development kreatif? 

Ketika kamu kuliah bisnis development kreatif, secara tak langsung kamu akan belajar banyak hal yang membuatmu memiliki kemampuan untuk menjadi seorang entrepreneur yang kreatif dan inovatif di masa mendatang. 

Namun tak hanya itu, lulusan bisnis development kreatif memiliki bekal ilmu yang cukup sehingga mampu berkarir dalam bidang pekerjaan apapun. Bahkan besaran gajinya pun cukup tinggi. 

Prospek kerja kuliah bisnis development kreatif

Bagi kamu yang ingin kuliah bisnis development kreatif, untuk lebih meyakinkanmu berikut beberapa prospek kerja untuk para lulusan bisnis development kreatif: 

  1. Creativepreneurship
    Bagi kamu yang ingin menjadi pengusaha sukses yang kreatif, ini adalah jenjang karir yang paling tepat. Disini kamu dituntut untuk mengembangkan usaha dengan beragam pemikiran kreatif dan inovasi-inovasi yang kekinian. Beberapa contoh pekerjaan yang dikategorikan dalam bidang creativepreneurship yakni pelukis, penyanyi, atau seorang fashion designer yang membuat dan menjual karyanya sendiri. 
  2. Business consultant
    Kamu memiliki jenjang karir menjadi seorang business consultant. Tugas seorang business consultant adalah memberikan solusi dari semua masalah yang dihadapi klien terkait dengan pengembangan usahanya. Seorang business consultant ada yang berdiri sendiri namun ada pula yang tidak. 
  3. Cyberpreneur
    Sesuai namanya, ini adalah bidang olah praktisi di bidang cyber. Seorang cyberpreneur mencari peluang bisnis menggunakan pemanfaatan teknologi yang ada di internet. Mereka memiliki kemampuan untuk mempromosikan bisnis melalui teknologi internet. Salah satunya brosur elektronik yang kerap disebut landing page.
    Saat ini sudah banyak bermunculan cyberpreneur dan diprediksi sesuai dengan perkembangan teknologi yang kian pesat, maka semakin banyak pula para cyberpreneur
  4. Technopreneur
    Mirip dengan cyberpreneur, seorang technopreneur adalah mereka yang memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai basis dalam pengembangan usahanya. Menekuni ilmu tentang technopreneur akan menjadikanmu seorang CEO atau posisi lain yang cukup relevan dengan keahlianmu karena secara umum pengembangan bisnis ini dilakukan secara berkelompok. 
  5. E-commerce specialist
    Ini adalah sebuah pekerjaan dengan skill dan keahlian luar biasa dalam bidang jual beli online. Seorang e-commerce specialist tak hanya bertugas memasarkan namun melakukan perencanaan terhadap proses pemasaran digitalnya. Dengan perkembangan dunia e-commerce yang kian pesat, kebutuhan akan pekerjaan ini jelas akan meningkat. 
  6. Business development
    Banyak yang beranggapan jika seorang business development sama dengan sales marketing, nyatanya keduanya berbeda. Seorang busdev memiliki tanggung jawab yang lebih tinggi karena harus memastikan bisnis perusahaan mampu bertahan jangka panjang. Seorang busdev diharuskan mampu menjaga relasi dengan para pelanggan, para klien bisnis dan juga pasar. Mereka juga diharuskan untuk mampu menilai peluang pengembangan bisnis perusahaan.
  7. Business analyst
    Tugas seorang business analyst cukup rumit. Namun setara dengan besaran gajinya. Seorang business analyst memiliki tanggung jawab untuk menganalisa proses, layanan, produk, hingga sistem dalam perusahaan untuk kemudian ditingkatkan. Selain itu juga bertanggungjawab terhadap pengambilan keputusan berdasarkan dari data yang telah dianalisis. 
  8. Business innovator
    Seorang business innovator bertugas untuk menganalisis dan menerapkan berbagai ide baru yang kreatif dengan tujuan untuk meningkatkan produk atau layanan dari sebuah brand atau perusahaan. 
  9. Business planner
    Seorang yang kuliah di bisnis development kreatif juga berkesempatan menjadi seorang business planner. Nah, seperti namanya, tugas seorang business planner adalah membuat perencanaan terkait cara untuk mengembangkan sebuah perusahaan.
    Untuk mewujudkannya, seorang business planner harus melakukan berbagai hal mulai dari analisa pasar, menyusun strategi marketing, dan sebagainya. 

Selain beberapa prospek kerja diatas, masih banyak lagi prospek kerja yang belum diulas. Intinya kuliah di bisnis development kreatif tidak akan membuatmu rugi. Kebutuhan akan kemampuan dan skill lulusan bisnis development kreatif akan selalu dibutuhkan dan dipastikan meningkat dari tahun ke tahun. Ilmunya yang selalu berkembang menjadi kelebihan dibandingkan dengan kuliah lainnya.  

Kuliah bisnis development kreatif di BINUS @Bandung

Tertarik kuliah bisnis development kreatif? Kamu bisa kuliah di BINUS @Bandung dan ambil jurusan Creativepreneurship. Jurusan ini akan membantumu menjadi seorang wirausaha yang kreatif dan inovatif di masa depan. Di prodi ini kamu juga akan diberi kesempatan untuk mulai merancang hingga meluncurkan bisnis start up milikmu sendiri. Nah, cukup menarik bukan? 

Jadi, bagi kamu yang berada di jenjang akhir SMA atau SMK jangan ragu pilih jurusan Creativepreneurship BINUS @Bandung. Raih suksesmu dan wujudkan impianmu dengan memilih tempat kuliah yang tepat, yakni BINUS @Bandung!

 

The post Kuliah Bisnis Development Kreatif : Prospek Kerja, Profesi dan Lulusan Bisnis Development Kreatif appeared first on BINUS UNIVERSITY BANDUNG - Kampus Teknologi Kreatif.