ARTICLE

Jejak Perjuangan Hatta: Bermain & Mengenang Perjuangan Proklamasi Indonesia

By Computer Science - BINUS Bandung • August 21, 2023

            Jejak Perjuangan Hatta, gim bertemakan sejarah mengenai dedikasi salah satu Bapak Proklamator Indonesia, yakni Mohammad Hatta dalam perannya memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Gim ini diciptakan oleh Binusian yang berasal dari BINUS @Bandung dan BINUS @Greater Jakarta yang sedang melaksanakan program Enrichment. Tim ini terdiri atas 9 orang mahasiswa berupa Carlos Winne B. G. dan Muhammad Rizky A. selaku Game Project Manager; Ayub Pangestu A. W. dan Hari Satria P. selaku Game Artist; Rafi Putra P. dan Syuja Davala R. Y. selaku Game Designer; serta Giovanni Ivander G., Muhammad Haykal, dan Syahwal Ade S. selaku Educational Game Developer. Seorang mahasiswa BINUS @Bandung yang terlibat di dalam pengembanga gim Jejak Perjuangan Hatta adalah Muhammad Haykal.

Gim Jejak Perjuangan Hatta berhasil menampilkan sudut pandang edukasi yang sangat baik dan inspiratif bagi generasi muda untuk bisa memahami secara ringkas pentingnya nilai-nilai kepemimpinan, perjuangan, serta nasionalisme dalam mencintai NKRI melalui sejarah proses proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia. Gim ini menawarkan pengalaman bermain yang cukup menarik dan interaktif melalui gameplay story telling yang memacu rasa penasaran sembari mempelajari kembali bagaimana proses proklamasi berjalan dari awal penuh perdebatan dan berbagai tantangan hingga akhirnya teks proklamasi bisa disetujui, dibacakan, ditandatangani, dan diketik. Gim Jejak Perjuangan Hatta mengajak para pemain untuk turut serta menyelami serpihan-serpihan kecil perjalanan hidup Bung Hatta dalam memahami proses bagaimana Bung Hatta bisa menjadi salah satu tokoh yang sangat penting dalam sejarah berdirinya bangsa Indonesia.

            Salah satu nilai emas dari gim ini adalah informasi historis yang cukup mendalam khususnya mengenai proses proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia oleh para pemuda. Setiap level di dalam gim ini dihubungkan dengan fakta-fakta sejarah terkait kehidupan Bung Hatta. Hal tersebut menjadi salah satu dasar yang baik untuk bisa memperoleh pemahaman terhadap perjuangan yang dilakukan oleh para pahlawan bangsa Indonesia dalam menggapai kemerdekaan. Kelebihan lain yang terdapat di dalam gim Jejak Perjuangan Hatta adalah BGM (Background Music) yang disajikan berefek cukup dramatis yang mengikuti alur cerita pada level yang sedang dilalui atau ketika karakter tertentu muncul di dalam gameplay, sehingga pemain bisa merasakan suasana yang cukup mendalam ketika peristiwa bersejarah sedang terjadi di dalam gameplay.

Gim yang dibawakan oleh Haykal dan kawan-kawan berhasil memperoleh kemenangan di ajang perlombaan Program Microcredential Game Developer 2023 yang diadakan oleh ICE Institute Kampus Merdeka. Dengan mengusung gim Jejak Perjuangan Hatta yang bertemakan sejarah proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia, tim ini berhasil meraih kemenangan untuk 3 buah gelar, yaitu Presentasi Game Terfavorit, Game Terfavorit, dan Educational Game Terbaik.

            Secara keseluruhan, Jejak Perjuangan Hatta adalah gim yang berhasil memadukan sisi hiburan dan pendidikan sejarah untuk ditampilkan kepada pemain. Melalui alur cerita yang menarik, gim ini berhasil menampilkan nilai-nilai kepemimpinan, perjuangan, dan nasionalisme yang penting dimiliki oleh para generasi muda. Di sisi lain, Jejak Perjuangan Hatta menampilkan salah satu pandangan positif bahwa gim bisa menjadi salah satu sarana edukasi yang menyenangkan. Jejak Perjuangan Hatta adalah gim dengan pengalaman bermain yang menggugah semangat dalam memperoleh inspirasi nasionalisme. Mari Binusian, melalui bulan kemerdekaan ini teruslah berkarya dalam berbakti dan memajukan bangsa Indonesia.

Penulis: Riccosan

 

 

The post Jejak Perjuangan Hatta: Bermain & Mengenang Perjuangan Proklamasi Indonesia appeared first on BINUS UNIVERSITY BANDUNG - Kampus Teknologi Kreatif.