ARTICLE

Strategi Bisnis di Era Digital

By Creativepreneurship - BINUS Bandung • June 12, 2023

 Strategi Bisnis Ampuh di Era Digital

Strategi bisnis di era digital tentu adalah pemasaran secara digital pula. Strategi ini melibatkan beberapa teknik secara digital dalam menjangkau pelanggan potensial. Strategi pemasaran digital terencana sangat penting bagi pemilik bisnis pemula ataupun perusahaan raksasa. 

Strategi pemasaran digital merupakan rencana pencapaian tujuan tertentu melalui metode pemasaran digital. Strategi ini bisa melalui iklan gratis atau berbayar dalam bentuk platform digital yang ada seperti media sosial, situs bisnis, dan banyak lagi. Strategi pemasaran digital harus unik dan menarik sesuai dengan keinginan target pasar.

Mengapa Strategi Bisnis di Era Digital Penting?

Jawabannya adalah: sangat penting! Setiap bisnis memerlukan strategi secara komprehensif untuk memaksimalkan keuntungan.  Tetapi, strategi bisnis digital harus efektif dan efisien. Terlepas dari kemudahan konten pemasaran, email promosi, search engine optimization atau SEO dan marketing dari media sosial dan PPC, persaingan dengan kompetitor harus diperhatikan. 

Tentu ada beberapa tantangan yang harus ditaklukkan bagi pelaku bisnis untuk menjalankan strategi bisnis di era digital. Tantangan ini bukan hanya untuk menaklukkan kompetitor, tetapi juga untuk mengembangkan usaha demi meraih keuntungan. 

Strategi terbaik untuk bisnis di era digital adalah sebagai berikut

  1. Hubungan Baik dengan Pelanggan dan Calon Pelanggan
    Digital presence atau kehadiran secara online di era digital saat ini tidak cukup untuk menjadi kompetitif. Terlepas dari keberadaan digital yang kuat, pemilik harus melangkah lebih jauh. Pastikan digital presence melalui hubungan erat dengan target pasar dan pelanggan setia.
    Pelanggan setia harus tetap diperhatikan. Caranya adalah dengan membuat konten yang menginspirasi mereka untuk berinteraksi. Apabila pelanggan bereaksi maka seorang entrepreneur dapat memahami keinginan mereka. Pemilik bisnis pun akan semakin terkenal karena pelanggan membicarakannya dengan rekan atau kerabat.
    Di era digital, pemilik bisnis dapat semakin populer apabila pelanggan membicarakannya. Tentunya mereka membicarakan hal positif tentang bisnis tersebut. Dengan demikian, pemilik bisnis pasti mendapatkan lebih banyak target pasar daripada kompetitor.
  2. Konten Pemasaran yang Tidak Asal-Asalan
    Konten pemasaran merupakan salah satu aspek terpenting untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada audiens. Saat ini persaingan sangat tinggi terlebih ada jutaan konten dalam bentuk artikel atau video di situs-situs bisnis. Tetapi, ada cara memastikan bahwa konten pemasaran tidak asal-asalan.
    Seorang entrepreneur harus memastikan bahwa konten mereka dapat meraih sweet spot target pasar. Caranya adalah menulis artikel yang tidak saja menarik, tetapi spesifik untuk pelanggan. Dengan demikian, pelanggan merasa membutuhkan artikel tersebut dibandingkan artikel umum lainnya.
    Konten yang orisinal dan informatif sangat penting supaya situs bisnis mendapat perhatian khusus. Jangan lupa judul artikel yang menarik tetapi tidak provokatif. Pembaca harus langsung tahu bahwa konten tersebut berguna, namun tidak terkesan promosi.
  3. Maksimalkan Sosial Media
    Siapapun tahu bahwa media sosial adalah kegiatan promosi wajib untuk pemilik bisnis. Apapun media tersebut, baik Facebook, Twitter, atau TikTok, media tersebut harus dapat meningkatkan eksposur bisnis. Caranya adalah dengan mengunggah konten profesional yang menarik pelanggan.
    Kredibilitas di dunia online dapat terwujud dengan melakukan personalisasi dalam berinteraksi dengan pelanggan setia atau calon pelanggan. Media sosial merupakan perangkat terbaik untuk kesuksesan bisnis. Pasalnya, media sosial dapat mengarahkan web traffic karena pengunjung medsos yang tertarik dengan suatu produk akan mengunjungi situs bisnisnya.
    Cara ini sangat efektif dalam menjangkau pelanggan melalui personalisasi untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas. Cara ini menjadi strategi bisnis di era digital yang sangat efektif dan profesional. Media sosial memungkinkan pemilik bisnis terhubung dengan pelanggan secara lebih personal supaya dapat membangun loyalitas mereka. 
  4. Situs yang Mudah Diakses
    Pemilik bisnis harus memposisikan diri mereka sebagai pelanggan. Pelanggan tidak akan suka mengunjungi situs bisnis yang sulit diakses. Terlebih, terlalu banyak iklan pop-up yang muncul. Pemilik bisnis harus dapat menjaga situs supaya rapi dan enak dipandang.
    Situs tersebut juga harus menampilkan gambar yang relevan dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Latar belakang atau gambar utama juga harus praktis tetapi tetap menarik. Warna-warna yang terlalu banyak akan mengganggu pembaca. Perhatikan juga padu padan warna dan font supaya pembaca nyaman dalam membaca. 
  5. Optimasi Situs Bisnis untuk Perangkat Seluler
    Strategi bisnis di era digital yang efektif saat ini adalah optimasi situs untuk perangkat seluler. Pengguna internet saat ini lebih memanfaatkan ponsel pintar saat mencari produk atau jasa secara online. Pemilik bisnis harus dapat menjangkau pengguna ponsel ini dengan mengoptimasi situs supaya diakses dengan mudah oleh perangkat seluler.
    Sama halnya dengan poin sebelumnya, situs web juga harus bersih dan mudah diakses terutama jika menggunakan ponsel pintar. Pelanggan tentu akan langsung meninggalkan situs bisnis tersebut jika mereka terganggu dengan kemunculan iklan yang tidak berhenti. Navigasi situs yang mudah, teks yang mudah dibaca di layar kecil, dan kecepatan pemuatan halaman adalah faktor krusial yang harus diperhatikan. 

Manajemen Bisnis Berbasis Teknologi Informasi 

Strategi bisnis di era digital menjadi salah satu topik pembelajaran bagi para mahasiswa BINUS @Bandung. Mereka yang menempuh jurusan S1 Creativepreneurship atau Digital Business Innovation tidak hanya menguasai teori bisnis digital tetapi juga menjalankannya sebagai aktivitas bisnis mereka sebagai pengusaha muda tanpa meninggalkan kuliah.

 Tentunya, BINUS @Bandung juga hadir dengan berbagai jurusan yang menjadi demand perusahaan modern. Mahasiswa dapat memilih jurusan Computer Science, Interior Design dan Interactive Design & Technology. Bergabunglah di BINUS @Bandung untuk memastikan masa depan cemerlang dengan karir yang mapan. 

 

Source:

https://www.wrike.com/blog/5-digital-marketing-strategy-examples/#How-Wrike-can-help-you-create-a-marketing-planhttps://www.safalta.com/online-digital-marketing/what-are-4c-s-of-digital-marketing#:~:text=Customer%2C%20cost%2C%20convenience%2C%20%26,determined%20by%20these%204%20C’s.https://www.entrepreneurshipinabox.com/24374/5-key-marketing-strategies-for-the-digital-age/

The post Strategi Bisnis di Era Digital appeared first on BINUS UNIVERSITY BANDUNG - Kampus Teknologi Kreatif.