ARTICLE

Apa Itu Business Development dan Pengembangannya?

By Creativepreneurship - BINUS Bandung • June 12, 2023

Apa Itu Business Development dan Pengembangannya?

Definisi sederhana tentang apa itu business development adalah strategi yang memberikan kontribusi untuk perkembangan perusahaan. Strategi tersebut termasuk membangun jaringan, perluasan jangkauan pasar serta upaya brand awareness. Business development sebagai manajer dalam sebuah perusahaan berperan dalam menyatukan semua departemen untuk dapat melakukan semua strategi tersebut diatas. 

Pentingnya Ahli Business Development dalam sebuah perusahaan 

Strategi pengembangan bisnis dari setiap perusahaan tentulah berbeda, namun ini menjadi bagian yang penting khususnya untuk masalah pertumbuhan perusahaan. Perbedaan ini terjadi karena adanya perkembangan dalam setiap perusahaan yang bervarisi bergantung dari kematangan, ukuran serta prioritas dari perusahaan.

Bagi kamu bercita-cita menjadi creativepreneur, tentu memahami apa itu business development. Menurut Forbes, business development diartikan sebagai proses untuk menciptakan dan meningkatkan nilai jangka panjang bagi perusahaan lewat relasi bisnis, pelanggan ataupun market. 

Dalam perjalanannya menciptakan sebuah nilai, tentu akan ada banyak hambatan. Nah, hambatan yang dihadapi dalam perkembangan bisnis ini adalah masalah-masalah tak terduga. Hambatan pun menjadi wajar dan pasti dihadapi oleh semua orang yang terjun dalam dunia bisnis. Hambatan bisa menguatkan, namun bisa juga menjatuhkan. Tergantung bagaimana strategimu untuk mengatasinya. Disinilah pentingnya ilmu business development.

Saking pentingnya, banyak pemilik perusahaan tak mau ambil pusing. Mereka  memberikan tugas dan kewajiban terkait pengembangan usaha ini kepada seorang yang ahli dalam urusan business development. Jadi mereka bisa berfokus pada cara peningkatan profit melalui penjualan produk atau jasa saja tanpa harus dipusingkan dengan masalah lain. 

Adapun tugas seorang ahli business development harus dapat mengevaluasi kinerja bisnis dari perusahaan tempat ia bekerja. Seringkali para pakar ini bekerja sebagai konsultan. Tugasnya adalah mengidentifikasi peluang sekaligus membangun hubungan jangka panjang dengan mitra bisnis. Tentunya hubungan jangka panjang tersebut harus dapat terpelihara secara profesional.

Keahlian yang Dimiliki Oleh Seorang Ahli Business Development

Mereka yang masuk jurusan creativepreneurship atau Business Digital Innovation akan diajarkan banyak hal dan salah satunya tentang kemampuan  pengembangan bisnis atau business development

Dalam ilmu tentang business development ada beberapa kemampuan yang akan dipelajari. Diantaranya:

  1. Komunikasi
    Kemampuan ini sangat penting untuk menjalin hubungan, tidak hanya dengan mitra usaha dan calon investor, tetapi juga pelanggan, baik pelanggan baru atau setia.
    Komunikasi penting artinya dalam mempertahankan relasi jangka panjang, sekaligus menyampaikan informasi sekaligus ide penting dengan mitra bisnis. Salah satu contoh ketika kamu menjadi seorang konsultan business development. Ketika ini kamu harus dapat menjelaskan kepada mitra atau afiliasi terkait dengan keunggulan perusahaan dimana kamu bekerja. Bagian penting dalam ilmu komunikasi dalam business development adalah meyakinkan orang lain, baik mitra atau pembeli dimana cara meyakinkannya harus secara halus dan benar serta tetap mempertahankan etika. 
  2. Strategi Bisnis
    Inti dari business development adalah strategi  perencanaan bisnis baik saat ini, jangka pendek atau dimasa-masa berikutnya. Bagian dari pengembangan bisnis adalah melakukan penilaian strategi bisnis saat ini dan memperbaikinya apabila perlu. Setelah itu, harus ada prediksi masalah yang mungkin akan terjadi pada masa mendatang.
    Tentunya, strategi tersebut harus berdasar pada pemikiran rasional. Pemahaman situasi kompetisi dalam bisnis memerlukan kemampuan penelitian menyeluruh untuk memahami situasi secara komprehensif. Pemahaman situasi tersebut harus berdasarkan kemampuan analitik, beradaptasi sekaligus berpikir secara kritis untuk membuat keputusan.
    Strategi bisnis yang jitu harus mencakup analisa SWOT, melacak tren industri, dan yang tak kalah penting adalah kemampuan mengoperasikan perangkat lunak termodern. Saat ini, semua jenis bisnis mengaplikasikan teknologi informasi. Nah, berdasarkan dari pentingnya perencanaan bisnis dalam dunia kerja, baiknya kamu juga harus lihai dalam memilih kampus sebagai tempat belajar. Pilihlah kampus yang tak hanya menawarkan kualitas pendidikan yang baik, namun juga menawarkan fasilitas lengkap dalam bidang IT yang sesuai dengan perkembangan zaman.
  3. Teknologi Informasi
    Banyak orang mengira bahwa saat mereka sudah mengetahui konsep apa itu business development, mereka tidak perlu belajar teknologi informasi. Padahal, strategi bisnis di era yang sangat kompetitif seperti ini perlu kecanggihan teknologi. Komunikasi kepada klien dan mitra bisnis, riset tentang produk atau jasa yang harus dikembangkan sekaligus analisis tergantung pada penggunaan komputer dengan perangkat lunak yang memadai.
    Bayangkan saja komunikasi dengan klien atau konsumen tanpa kecanggihan teknologi online seperti media sosial atau email. Tentu saja aktivitas pengembangan bisnis akan terhambat dengan komunikasi secara konvensional, yaitu menemui mereka satu per satu. Seorang pengembang bisnis juga harus punya literasi komputer sehingga klien atau konsumen tidak menganggapnya sebagai sosok yang tidak profesional.
    Teknologi yang mendukung business development antara lain meeting secara online seperti Zoom dan Google Meet, email, aplikasi Microsoft Office, ponsel atau tablet dan sebagainya. Melalui teknologi tersebut, maka kemudahan komunikasi dan riset dapat dilakukan dengan cepat. Dengan demikian, pengembangan bisnis terwujud melalui penelitian yang akurat dan tepat waktu. 

Dapatkan Skill Pengembangan Bisnis Terbaik dari BINUS @Bandung 

BINUS @Bandung berhasil melahirkan lulusan yang memahami definisi business development. Mereka tidak hanya terampil tetapi juga siap kerja di tengah kompetisi yang sangat tinggi. 

Para lulusan kampus ini terbukti mampu mengembangkan bisnis secara maksimal, baik bisnis yang mereka kelola, ataupun perusahaan dimana mereka bekerja. Penekanan ilmu business development dalam jurusan Creativepreneurship dan Business Digital Innovation yang didukung dengan fasilitas teknologi informasi merupakan keunggulan BINUS @Bandung. 

Mahasiswa lulusan BINUS @Bandung khususnya jurusan Creativepreneurship dan Digital Business Innovation tidak hanya belajar teori apa itu business development, tetapi juga mengaplikasikannya. Mereka dapat langsung membuat perencanaan dan mengilustrasikannya untuk bisnis berskala kecil hingga besar. Bahkan, lulusan jurusan ini pun menguasai ilmu marketing, brand awareness dan juga inovasi-inovasi berbisnis. Tunggu apalagi segera daftarkan dirimu sekarang!

 

The post Apa Itu Business Development dan Pengembangannya? appeared first on BINUS UNIVERSITY BANDUNG - Kampus Teknologi Kreatif.