ARTICLE

Prodi DKV BINUS University @Bandung berbagi Ilmu Perancangan Logo di SMA Santa Aloysius-Bandung

By Visual Communication Design - BINUS Bandung • December 2, 2022

Oleh : Aris Darisman

Sebuah perguruan tinggi yang di dalamnya juga terlibat sejumlah tenaga pengajar dalam  hal ini dosen memiliki tanggung jawab dan kewajiban berupa darma. Kewajiban dan tanggung jawab ini dikenal sebagai tri dharma, yaitu : Pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, BINUS University tentu saja terikat dengan tanggung jawab dan kewajiban ini, namun khusus di BINUS ditambahkan lagi satu dharma sehingga BINUS University berkomitmen untuk menjalakan Catur Dharma, yaitu Dharma Pengembangan Diri bagi para staff pengajarnya.

Sebagai bentuk dari pelaksanaan salah satu Dharma, yaitu Pengabdian Pada Masyarakat, Prodi Desain Komunikasi Visual BINUS Bandung, tidak segan dan selalu bergairah untuk berbagi ilmu dan keterampilan bagi masyarakat, khususnya di kota Bandung. Berbagai lapisan masyarakat menjadi target dari pelaksanaan Dharma ini, diantaranya, masyarakat umum, UMKM, komunitas kreatif, bahkan sampai para siswa-siswi SMP dan SMU.

Pada tanggal 28 September 2022, Prodi DKV BINUS Bandung berkesempatan berbagi ilmu kepada adik-adik siswa-siswi SMU Santa Angela Bandung baik yang berlokasi di Sultan Agung maupun Batu Nunggal. Pada kesempatan tersebut Prodi DKV BINUS Univ. @Bandung berbagai ilmu yang sangat menarik yaitu tentang Metode Kreatif dalam perancangan Logo menggunakan metode Morphological Matrix. Morphological Matrix itu sendiri adalah sebuah cara yang bagus dalam menemukan ide, bukan sebuah ilmu yang sifatnya eksakta, namun dengan metode ini kita akhirnya dapat melihat berbagai kemungkinan dan kombinasi berbeda yang muncul khususnya dalam perancangan logo. Ada 5 langkah pembuatan logo menggunakan metode ini, yaitu :

  1. Mendefinisikan masalah, pada tahap ini kita harus menentukan terlebih dahulu logo yang akan kita buat akan mewakili apa.
  2. Memecah berbagai komponen utama ( gambar dan tulisan/huruf), masing-masing komponen ditempatkan pada kolom tersendiri.
  3. Membuat catatan pada setiap kolom komponen
  4. Membuat sketsa awal
  5. Menggabungkan Komponen Huruf dan Gambar
Contoh began Morphological Matrix dalam pembuatan Logo Festival Musik Dunia “Live Aid”
Contoh began Morphological Matrix dalam pembuatan Logo Festival Musik Dunia “Live Aid”

Aktivitas di kelas menjadi sangat menarik dan seru, karena Pemateri yang juga adalah dosen Prodi DKV BINUS Bandung, yang tentunya sangat menguasai bidang keilmuannya, tidak hanya memberikan materinya berupa teori saja, namun para siswa juga diajak terlibat aktif untuk mencoba mempraktekkannya. Para siswa dibagi ke dalam kelompok yang terdiri dari 3-4 anggota kelompok. Setiap Kelompok diminta untuk menagjukan tema logo untuk 1tipe usaha/bisnis (produk makanan, pakaian, jasa/layanan). Di akhir sesi mereka diminta untuk menceritakan logi hasil rancangan dari masing-masing kelompok.

Aktifitas ini begitu menarik bagai peserta, karena sangat memancing ide kreatif mereka. Selain ini bagi mereka ini adalah sebuah pengetahuan baru, yang ternyata cukup sederhana namun powerful tidak hanya untuk sekedar menciptakan logo, namun lebih kepada untuk memancing energi dan semangat “Kreatif” mereka.

Kegiatan Presentasi hasil karya
Kegiatan Presentasi hasil karya

Kegiatan berbagi ilmu ini selaian menjadi bagian dari pelaksanaan salah satu dhrama, namun juga menjadi bentuk dari komitmen BINUS University Bandung untuk turut memajukan komunitas dan juga memberikan pemahaman tentang dunia desain, khususnya Desain Komunikasi Visual.

Bandung, 30 November 2022

 

 

The post Prodi DKV BINUS University @Bandung berbagi Ilmu Perancangan Logo di SMA Santa Aloysius-Bandung appeared first on BINUS UNIVERSITY BANDUNG - Kampus Teknologi Kreatif.