NEWS

Program Intensif Summer Course BINUS ASO Siap Hadirkan Wawasan Baru bagi BINUSIAN

By BINUS ASO School of Engineering (BASE) • August 21, 2023

Program Intensif Summer Course BINUS ASO Siap Hadirkan Wawasan Baru bagi BINUSIAN

Setiap tahunnya, BINUS University selalu menghadirkan inovasi-inovasi baru untuk pendidikan terbaik bagi BINUSIAN. Salah satu inovasi yang setiap tahunnya selalu dihadirkan adalah program dari Summer Course oleh BINUS ASO School of Engineering (BASE).

Mengingat industri yang semakin berkembang dari tahun ke tahun, BASE kembali menyelenggarakan program Summer Course khusus untuk mempersiapkan SDM calon engineers yang mumpuni. Tidak main-main, program Summer Course ini setiap tahunnya diadakan di  kota industri Jepang, Fukuoka. Apa yang spesial dari Summer Course kali ini? Simak informasi selengkapnya!

Perkembangan Tren Kebutuhan SDM Engineering

Persaingan dunia industri saat ini semakin kompetitif. Hal ini terjadi dalam berbagai bidang pekerjaan, termasuk bidang teknik. Perubahan industri yang terus berkembang, mengharusan Sumber Daya Manusia di bidang teknik untuk semakin terampil. Pasalnya, para teknisi yang memegang peran utama dalam memudahkan pekerjaan lain.

Salah satu contoh perkembangan tren yang telah dimunculkan oleh para teknisi ahli, yakni inovasi teknologi seperti artificial intelligence, teknologi ramah lingkungan, dan banyak lagi. Oleh sebab itu, para praktisi di bidang teknis harus paham betul perkembangan tren yang akan sangat dibutuhkan masyarakat kedepannya.

Untuk mempersiapkan SDM yang dapat turut memunculkan inovasi bermanfaat yang dapat bermanfaat di sektor industri, BASE mengadakan program Summer Course ini. Dengan demikian, calon-calon SDM teknik dari BASE dapat selangkah lebih maju dengan wawasan yang didapatkan langsung di kota industri fukuoka.

Kolaborasi dengan Institusi Jepang

Seperti yang telah diketahui, Jepang adalah salah satu negara maju dengan teknologi dan mesinnya yang semakin di depan.  Bahkan, setiap tahunnya Jepang selalu masuk dalam jajaran negara terbaik dalam Indeks Inovasi Global. Perkembangan teknik dan teknologi ini tentunya turut berdampak positif pada perekonomian Jepang.

Oleh sebab itu, BINUS University tidak segan-segan untuk menggaet pihak Jepang, yakni ASO College Group. ASO College Group merupakan perkumpulan dari perguruan tinggi terbesar di Jepang Barat yang sudah mempunyai standar pendidikan internasional dan sudah berjalan lebih dari 150 tahun. Kelompok ini bahkan sudah bekerja sama dengan beberapa institusi global, mencakup hingga 13 negara.

BINUS University menjadi satu-satunya institusi di Indonesia yang berhasil berkolaborasi dengan ASO College Group ini. Kerja sama ini terjadi karena baik BINUS University ASO College Group dan BINUS University memiliki tujuan yang sama. Kedua belah pihak ingin program Summer Course BASE dapat memberikan pengalaman akademik dan industri secara bersamaan di Fukuoka.

Prof. Fergyanto E. GUNAWAN, DR. ENG, selaku Dekan BINUS ASO juga menyampaikan harapannya, yaitu melalui program ini mahasiswa BINUS University ditargetkan  menjadi SDM engineers yang lebih unggul dan unik daripada mahasiswa teknik dari universitas lain.

International Networking dan Persiapan Karir Global

Program Summer Course BASE ini dilaksanakan dengan mengirimkan sejumlah mahasiswa terbaiknya ke Jepang. Sehingga, mahasiswa diharapkan mampu memanfaatkan kesempatan terbaiknya dalam membangun networking global dan menimba ilmu dari tokoh industri saat mengunjungi industri ternama, seperti Toyota Kyushu (Miyata Factory).

Melalui kunjungan ke Toyota Kyushu, mahasiswa akan mendapatkan wawasan mendalam dari brand global Lexus, mulai dari filosofi dan cara mempertahankan kualitas dan reputasi brand. Mahasiswa juga dapat belajar kultur industri lintas budaya yang ada di Jepang. Dengan demikian, nantinya para mahasiswa sudah siap dengan kultur serupa saat sudah terjun langsung di dunia kerja dengan ranah global.

Perspektif Mahasiswa tentang Summer Course

Tidak diberangkatkan secara asal-asalan, tentunya mahasiswa sudah dibekali ilmu teknik yang mumpuni sekaligus pendidikan bahasa selama 5 semester di BASE. Oleh karena itu, Summer Course ini selalu menjadi program yang dinanti-nantikan oleh para BINUSIAN.

Melalui program ini mereka akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan wawasan langsung dari para dosen ahli Jepang sekaligus wawasan budaya kerja di sana bagi yang ingin melanjutkan karir globalnya di kemudian hari.

Tak hanya berdampak secara holistik,  pasca program, Markus Prawatya memaparkan mahasiswa akan mendapatkan sertifikat internasional yang kelak akan menjadi nilai plus dalam dunia industri. Dengan persiapan dan keuntungannya yang serba lengkap ini, tak heran kalau program Summer Course menjadi incaran para BINUSIAN setiap tahunnya.

BINUS ASO School of Engineering (BASE) selalu memaksimalkan sistem pendidikan yang dapat menjawab kebutuhan industri global melalui program-program intensif bagi para mahasiswanya selaku calon-calon SDM engineer global.

The post Program Intensif Summer Course BINUS ASO Siap Hadirkan Wawasan Baru bagi BINUSIAN appeared first on BINUS School of Engineering.