NEWS

D’BASE Team dari BINUS ASO School of Engineering Finish Top 5 di Shell Eco-Marathon Asia 2022 Mandalika

By BINUS ASO School of Engineering (BASE) • October 17, 2022

Lombok (15/10) – D’BASE Team berhasil menyelesaikan serangkaian kegiatan dalam kompetisi Shell Eco-Marathon Asia 2022 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, dengan raihan prestasi yang cukup baik. Mereka berhasil finish 5 besar untuk kategori prototype dengan tenaga baterai atau listrik dan finish 12 besar untuk kategori urban dengan tenaga mesin berbahan bakar bensin.

Tahun ini, Shell Eco-Marathon kembali diadakan dan merupakan pertama kalinya bagi Indonesia menjadi tuan rumah kompetisi mobil ramah lingkungan. Acara yang digelar pada tanggal 11-15 Oktober 2022 di Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) diikuti olebih dari 40 tim mahasiswa termasuk D’BASE Team dari BINUS ASO dan terdiri dari 13 negara di kawasan Asia Pasifik dan Timur Tengah. Shell Eco-Marathon merupakan kompetisi inovasi kendaraan hemat energi yang telah digelar sejak tahun 2010 dan telah menantang tim-tim mahasiswa di Asia.

Mobil Prototype D’BASE Team berhasil mencatatkan efisiensi sebesar 224 km/kWh dan mobil Urban Concept D’BASE berhasil mencatat efisiensi bahan bakar sebesar 67 km/liter. Merupakan hasil yang baik untuk team. Tentu ini semua berkat usaha dan kerja keras serta kekompakkan dalam team.

D’BASE Team di Shell Eco-Marathon Asia 2022, Mandalika

Kesiapan yang dilakukan D’BASE Team ke Mandalika untuk kompetisi Shell Eco-Marathon 2022 telah membuktikan bahwa kemampuan dan keahlian generasi muda Indonesia tidaklah kalah dengan tim negara lain.

“Ini merupakan pencapaian yang sungguh baik buat kami karena mobil prototype kami baru pertama kali turun di Shell ECO Marathon dan ini adalah hasil yang diduga-duga, harapannya di event selanjutnya bisa kami kembangkan lebih baik lagi” Ungkap perwakilan dari D’BASE.

Kegiatan Shell Eco-Marathon Asia 2022 menjadi kesempatan untuk membangkitkan semangat inovasi dan kompetisi khususnya bagi D’BASE team yang berhasil finish 5 besar dan 12 besar lolos pada kompetisi ini bersama beberapa tim dari perguruan tinggi lainnya. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi langkah baik dalam mengembangkan mobil yang ramah lingkungan sehingga akan memberikan dampak yang baik bagi Indonesia maupun dunia.

The post D’BASE Team dari BINUS ASO School of Engineering Finish Top 5 di Shell Eco-Marathon Asia 2022 Mandalika appeared first on BINUS ASO Universitas Otomotif Engineering.